Analisis Pengaruh Pemberian Pupuk Npk Cair Mnbs terhadap Pertumbuhan Tanaman Pueraria Javanica di Area Tambang Batubara.

Antara, Yasmi (2024) Analisis Pengaruh Pemberian Pupuk Npk Cair Mnbs terhadap Pertumbuhan Tanaman Pueraria Javanica di Area Tambang Batubara. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_03_YASMI_ANTARA_ 21168037_1846_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saat ini pemanfaatan pupuk NPK cair yang ada dipasaran dimanfaatkan untuk kegiatan reklamasi atau revegetasi tanaman dengan harga Rp. 100.000/liter. Di samping tanah lahan bekas tambang yang memerlukan pengelolaan dan rehabilitasi menggunakan komunitas mikroba tanah, kegiatan reklamasi memerlukan waktu dan teknologi dengan biaya tinggi dan hasil yang belum tentu efektif dan efisien. Salah satu cara yang efektif adalah memberikan pupuk organik yang banyak mengandung mikroba dan mampu menetralisir keasaman tanah. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Desain Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 4 x 6. Populasi dari penelitian ini adalah Semua Tanaman Kacang Ruji (Pueraria javanica) yang tumbuh di area Rumah Kawat Tambang PT. BAU. Sampel dari penelitian ini adalah 24 Batang dari Tanaman Kacang Ruji (Pueraria javanica) yang ditanam dirumah kawat Perawatan Bibit Tambang PT. BAU yang diberikan perlakuan. Adapun Hasil dari penelitian ini adalah Pemberian Larutan NPK dan Micro Nano Bubbles (MNBs) terbukti dapat membantu mempercepat pertumbuhan batang, jumlah daun, jumlah cabang daun, panjang akar dan peningkatan biomassa tanaman Kacang Ruji (Pueraria javanica) pada media tanam yang minim topsoil. Dosis pemberian dari Larutan NPK Organik dan Micro Nano Bubbles (MNBs) untuk pertumbuhan optimal tanaman Pueraria javanica yaitu pada perlakuan 4 (90 ml), dimana pada perlakuan 4 tersebut rata-rata pertumbuhan batang, jumlah daun, jumlah cabang daun, panjang akar dan biomassa tanaman mencapai titik optimum. Biaya penggunaan larutan NPK yang ada di pasaran dengan pupuk NPK cair dengan menggunakan Micro Nano-Bubbles (MNBs) adalah sebesar Rp. 46.500/liter, sedangkan harga larutan NPK cair dipasaran Rp. 100.000/liter. Jadi penggunaan larutan NPK Organik dengan menggunakan Micro Nano-Bubbles (MNBs) selain lebih hemat secara ekonomis juga ramah lingkungan karena terbentuk dari bahan-bahan organik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRazak, AbdulUNSPECIFIED
CorrectorIswandi, IswandiUNSPECIFIED
CorrectorGusman, MulyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PUPUK CAIR, TANAMAN PUERARIA, TAMBANG BATUBARA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:36
Last Modified: 12 Jun 2024 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52478

Actions (login required)

View Item View Item