Pengembangan Historical Thinking sebagai Model Khusus Pembelajaran Sejarah untuk Melatih Kemampuan Berpikir Historis Mahasiswa Departemen Sejarah Universitas Negeri Padang

Basri, Iqrima (2024) Pengembangan Historical Thinking sebagai Model Khusus Pembelajaran Sejarah untuk Melatih Kemampuan Berpikir Historis Mahasiswa Departemen Sejarah Universitas Negeri Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_IQRIMA_BASRI_22161012_2863_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berangkat dari permasalahan rendahnya tingkat berpikir historis mahasiswa departemen sejarah UNP angkatan 2022. Penelitian ini menjadi sangat penting karena berpikir historis merupakan basic yang harus ada dalam pembelajaran sejarah. Disamping itu belum adanya model pembelajaran yang khusus diperuntukan bagi pembelajaran sejarah juga menjadi alasan utama yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk merancang sebuah model pembelajaran dengan sintak yang diramu menggunakan indikator berpikir historis yang dikemukakan oleh Peter Seixas (2012). Indikator historis yang dijadikan landasan dalam pembuatan model pembelajaran ini, diantaranya; Historical Significant, Historical Perspectives, Continue and Change, The Ethical Dimension, Cause and Consequence, dan Evidence. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development / RnD dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, diantaranya; Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini berhasil dilaksanakan dengan baik hingga tahap akhir. Diawali dengan melakukan analisis kebutuhan, melakukan desain model yang kemudian dinamai sebagai model Historical Thinking. Model ini sudah melewati tahapan validasi ahli model dan ahli materi dengan hasil kategori keduanya sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah. Implementasi model dilakukan di dua kelas berbeda pada mata kuliah Sejarah Indonesia Baru 1 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 50 orang dan dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dengan materi yang berbeda. Hasil uji praktikalitas model Historical Thinking oleh dosen pembina berada pada skor 98% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil uji efektifitas juga dilakukan terhadap mahasiswa bersangkutan didapat hasil skor sebesar 85,75 % dengan kategori sangat efektif. Dari hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa pengembangan model Historical Thinking sebagai model khusus dalam pembelajaran sejarah sangat layak dan sangat praktis untuk diterapkan. Model Historical Thinking juga sangat efektif digunakan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir historis mahasiswa Departemen Sejarah FIS UNP.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatimah, SitiUNSPECIFIED
CorrectorOfianto, OfiantoUNSPECIFIED
CorrectorMontessori, MariaUNSPECIFIED
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:35
Last Modified: 12 Jun 2024 04:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52470

Actions (login required)

View Item View Item