Pengembangan Media Bimbingan Karir Berbasis Website di SMK Negeri 5 Batam.

Putri, Rahima Syahne (2024) Pengembangan Media Bimbingan Karir Berbasis Website di SMK Negeri 5 Batam. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_05_RAHIMA_SYAHNE_PUTRI_20138043_273_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Observasi yang dilakukan di SMK Negeri 5 Batam, terlihat bahwa kurang optimalnya layanan bimbingan karir yang diberikan guru BK kepada siswa. Kondisi ini terjadi karena tidak ada jam guru BK untuk masuk kelas, minat siswa yang kurang dalam melaksanakan bimbingan karir dan kurang seimbangnya ratio guru BK dengan siswa. Sehingga, bimbingan karir di SMK Negeri 5 Batam belum terlaksana dengan efektif dan merata. Berdasarkan latar belakang di atas, penggunaan media dalam pelaksanaan bimbingan karir sangat dibutuhkan. Hendaknya media yang digunakan memperhatikan perkembangan teknologi yang ada, menarik untuk digunakan, dapat menampilkan apa yang diinginkan dan dapat di akses oleh siswa kapanpun. Salah satu media yang dapat digunakan adalah Media Bimbingan Karir Berbasis Website. Penggunaan Media Bimbingan Karir Berbasis Website ini dapat membantu guru BK dalam memberikan materi layanan bimbingan karir secara efektif dan merata. Adapun informasi yang disampaikan yaitu mengenai persiapan memasuki dunia kerja, dan pengenalan perguruan tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan prosedur pengembangan model 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis statistik untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media bimbingan karir berbasis website. Penelitian ini telah menghasilkan produk berupa media berbasis website. Validasi yang dilakukan terhadap produk hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang digunakan sudah memenuhi prinsip validitas. Hasil rata-rata nilai Aiken’s V yang diberikan 3 (tiga) validator ahli media sebesar 0,70 dari aspek kualitas materi dan 0,74 dari kualitas bimbingan yang termasuk dalam kategori valid. Selanjutnya, hasil rata-rata nilai Aiken’s V yang diberikan 3 (tiga) validator ahli materi sebesar 0,70 dari aspek kualitas materi dan 0,74 dari kualitas bimbingan yang termasuk dalam kategori valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa materi layanan yang ada dalam media website ke dalam kategori valid. Prinsip praktikalitas juga sudah terpenuhi dengan 82,17 guru dan 83,13 siswa menyatakan praktis. Pengujian terhadap efektivitas media yang dikembangkan diperoleh sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,005, maka disimpulkan ada perbedaan kesiapan karir siswa bagi yang menggunakan media website dengan tidak menggunakan media website.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorPurwantono, WawanUNSPECIFIED
CorrectorSukardi, SukardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BIMBINGAN KARIR, PELAYANAN INFORMASI, KARIR SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:49
Last Modified: 11 Jun 2024 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52442

Actions (login required)

View Item View Item