Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Self Management dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 1 Tapaktuan.

Sandowil, Oktatul (2024) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Self Management dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 1 Tapaktuan. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_01_OKTATUL_SANDOWIL_ 20151022_587_2024.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan siswa adalah poin penting untuk keberhasilannya sebagai peserta didik. Namun masih ada siswa yang memiliki kedisiplinan yang rendah, sebagaimana yang ditemukan di SMA Negeri 1 Tapaktuan adanya siswa yang sering terlambat datang ke sekolah, tidak memakai pakaian sesuai ketentuan yang ada, mengobrol dengan teman saat guru menjelaskan, tidur saat proses pembelajaran berlangsung, mencoret fasilitas sekolah dan ke luar masuk kelas saat kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan tingkat kedisiplinan siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self management, (2) menganalisis perbedaan tingkat kedisiplinan siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok yang biasa diberikan guru BK di sekolah, dan (3) menganalisis perbedaan tingkat kedisiplinan siswa kelompok eksperimen setelah diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self management dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan bimbingan kelompok yang biasa diberikan guru disekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian Quasi Exsperiment Design model non equivalent control group design. Populasi penelitian sebanyak 213 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 16 siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan penarikan sampel dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kedisiplinan siswa model Skala Likert. Data dianalisis dengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan KolmogorovSmirnov Two Independent Sampels dengan bantuan SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar tingkat kedisiplina siswa berada pada kategori sedang, namun masih ada yang memiliki kedisiplinan yang rendah. Dari perlakuan yang diberikan kepada siswa yang memiliki kedisiplinan rendah tersebut diperolah hasil bahwa bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan kedisiplinan siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self management, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kedisiplinan siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok yang biasa digunakan guru BK di sekolah, dan (3) terdapat perbedaan kedisiplinan siswa kelompok eksperimen yang diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self management dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan bimbingan kelompok yang biasa digunakan guru BK di sekolah. Jadi, layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self management efektif meningkatkan kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni S., Neviyarni S.UNSPECIFIED
CorrectorAfdal, AfdalUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BIMBINGAN KELOMPOK, TEKNIK SELF MANAGEMENT, KEDISIPLINAN SISWA
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:49
Last Modified: 11 Jun 2024 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52441

Actions (login required)

View Item View Item