Pengembangan E-LKPD Fisika Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik.

Putri, Nurul Hasanah Daniyah (2024) Pengembangan E-LKPD Fisika Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_03_NURUL_HASANAH_DANIYAH_PUTRI_20175010_363_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sangat berperan penting dalam perkembangan dan kemajuan suatu bangsa. Menjawab tantangan pada abad 21, tentunya dalam pembelajaran perlu digunakan suatu pendekatan agar dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan yaitu pendekatan STEM (Sciene, Technology, Engineering, and Mathematics). Pebelajaran STEM merupakan pembauran pelajaran sains, teknologi, teknik, dan matematika. Pembelajaran STEM dapat berkembang apabila dalam proses pembelajarannya dikaitkan dengan dunia nyata yang dialami peserta didik sehingga dapat menarik minat peserta didik dalam memahami proses tersebut. Pembelajaran fisika yang dilaksanakan disekolah tentunya diharapkan sesuai dengan tuntutan abad 21. Namun, pada kenyataannya proses pembelajaran fisika belum sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan e-LKPD fisika berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan pengembangan e-LKPD fisika berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Kedua menghasilkan e LKPD fisika berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan Plomp yang terdiri dari Preliminary Research, Development or Prototyping Phase, Assesment Phase. Uji coba dilakukan di SMAN 4 Padang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar praktikalitas, soal tes akhir dan lembar penilaian keterampilan. Data yang diperoleh pada tahap analisis, validitas dan praktikalitas dianalisis menggunakan deskriptif persentase. Pada uji efektivtas data aspek pengetahuan dan keterampilan menggunakan analisis uji t. Hasil penelitian ialah e-LKPD fisika berbasis STEM dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD fisika berbasis STEM efektif digunakan dalam pembelajaran pada aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek penilaian STEM. Kesimpulan penelitian adalah e LKPD fisika berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik yang valid, praktif, dan efektif untuk meningkatkan kompetensi peserta didik, baik aspek pengetahuan, maupun keterampilan, serta penilaian STEM.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRamli, RamliUNSPECIFIED
CorrectorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorYohandri, YohandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FISIKA BERBASIS STEM, LITERASI SAINS, PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Jun 2024 03:41
Last Modified: 11 Jun 2024 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52433

Actions (login required)

View Item View Item