Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker untuk meningkatkan Kompetensi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Yulianti, Niki (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker untuk meningkatkan Kompetensi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_01_NIKI_YULIANTI_21124017_2926_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah bahan ajar yang digunakan selama ini kurang mendukung proses pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa Sekolah Dasar. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar yang dapat membantu meningkatkan kompetensi belajar peserta didik sehingga peserta didik terlatih untuk mengembangkan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah bahan ajar pembelajaran pada kurikulum merdeka yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Peneliti menggunakan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, and evaluation) dalam penelitian ini. Subjek uji coba yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Limo Badak Kecamatan Malalak semester ganjil 2022/2023. Teknik analisis data yang dgunakan adalah analisis validitas, analisis praktikalitas, dan analisis efektivitasbahan ajar. Nilai rata-rata praktikalitas bahan ajar dari siswa dengan kriteria sangat praktis. Efektvitas bahan ajar terdiri dari penilaian aktivitas siswa dengan kriteria sangat aktif dan hasil belajar siswa yang terdiri dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan diperoleh dengan kategori sangat efektif. Hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa bahan ajar dengan berbantuan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker untuk validasi bahan ajar diperoleh dengan kategori sangat valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR, APLIKASI KVISOFT, KOPETENSI BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Jun 2024 03:41
Last Modified: 11 Jun 2024 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52432

Actions (login required)

View Item View Item