Pengaruh Penggunaan Microsoft Power Point Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 03 Alai Padang

Ajis, Yovie As Sami (2024) Pengaruh Penggunaan Microsoft Power Point Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 03 Alai Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_YOVIE_AS_SAMI_AJIS_19004036_35_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah rendahnya hasil capaian belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini dikarenakan guru tidak selalu menggunakan media, pada saat pembelajaran guru hanya menggukan media berbentuk PowerPoint yang berisi teks saja tanpa didukung oleh gambar yang menjelaskan penyajian materi sehingga peserta didik susah memahami materi yang disajikan guru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan media Microsoft PowerPoint berbasis multimedia pada hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 03 Alai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan Microsoft Power Point berbasis multimedia terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 03 Alai. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif berbentuk quasi eksperimen. Terdiri atas 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yakni kelas VI.B dengan perlakuan memakai media Microsoft Power Point berbasis multimedia serta kelas kontrol yaitu kelas VI.A diberi perlakuan memakai buku paket dan gambar peraga. Sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t (t-test) yang sebelumnya dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata rata yang diperoleh dari hasil belajar siswa yang menggunakan Microsoft Power Point berbasis multimedia (kelas eksperimen) lebih tinggi. Hal ini sesuai dengan rata rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 75,17 lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yaitu 63,92. Berdasarkan hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 2,083 dan t tabel dengan taraf signifikan 0,05 adalah 2,004. Maka jika dibandingkan thitung 2,083>2,004 maka dapat diartikan bahwa H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Microsoft Power Point berbasis multimedia berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 03 Alai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:14
Last Modified: 10 Jun 2024 08:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52425

Actions (login required)

View Item View Item