Pengaruh Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Sungai Rumbai

Octaviani, Sheila (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Sungai Rumbai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Sheila_Octaviani_18029090_2833_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan peserta didik dalam menguasai matematika adalah dilihat dari hasil belajar matematika. Namun, berdasarkan hasil pengamatan penulis di kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Rumbai menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pendidik untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis apakah hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional di kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Rumbai. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Posttest only Design with Non-equivalent Group. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Rumbai. Mengingat jumlah kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sungai Rumbai sebanyak 2 kelas, maka sampel diambil secara Sampling Jenuh. Sedangkan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika. Hasil tes tersebut dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis, menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 diperoleh P-value 0,0272. Karena P-value < α maka tolak H 0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Rumbai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:58
Last Modified: 10 Jun 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52418

Actions (login required)

View Item View Item