Pengaruh Umur Simpan dan Penambahan Konsentrasi Parafin Terhadap Jumlah Spora Formulasi Trichoderma asperellum (Samuels, Liechfeldt et Nirenberg) Berbahan Dasar Jagung

Ulfa, Mariyah (2024) Pengaruh Umur Simpan dan Penambahan Konsentrasi Parafin Terhadap Jumlah Spora Formulasi Trichoderma asperellum (Samuels, Liechfeldt et Nirenberg) Berbahan Dasar Jagung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Mariyah_Ulfa_20032023_2805_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Biofertilizer merupakan pupuk organik yang mengandung mikroorganisme yang keberadaannya bisa tunggal atau berupa gabungan beberapa jenis yang disebut dengan konsorsium. Biofertilizer dapat berasal dari kelompok Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) dan Plant Growth Promoting Fungi (PGPF). Salah satu PGPF yang telah dilaporkan sejauh ini adalah Trichoderma. Trichoderma dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman seperti daya kecambah benih dan tinggi bibit tanaman padi. Selama ini medium untuk pertumbuhan Trichoderma di laboratorium adalah PDA. Di samping itu ada beberapa medium lainnya yang dapat digunakan dan salah satunya adalah Jagung. Jagung merupakan medium alternatif yang mengandung nutrisi dan mendukung pertumbuhan Trichoderma, meskipun demikian daya simpan pada medium jagung masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umur simpan dan penambahan konsentrasi parafin terhadap jumlah spora formulasi Trichoderma asperellum berbahan dasar jagung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah penambahan konsentrasi parafin 0%, 20%, 40%, 60%, 80% dan 100%. Data berupa jumlah spora masing-masing perlakuan yang dianalisis menggunakan ANOVA pada taraf 5% dan uji lanjut dengan DNMRT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Trichoderma asperellum mampu bertahan pada media berbahan dasar jagung selama 60 hari. Rata-rata spora tertinggi terdapat pada konsentrasi 40%. Berdasarkan analisis data, umur simpan formulasi berbahan dasar jagung dan penambahan konsentrasi parafin mempengaruhi jumlah spora Trichoderma asperellum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnhar, AzwirUNSPECIFIED
CorrectorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
CorrectorVauzia, VauziaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:50
Last Modified: 10 Jun 2024 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52416

Actions (login required)

View Item View Item