The Integration of Local Cultures in English Teaching Modules designed by Pre-Service English Teachers in Promoting Culturally Responsive Teaching.

Azhary, Lathifa (2024) The Integration of Local Cultures in English Teaching Modules designed by Pre-Service English Teachers in Promoting Culturally Responsive Teaching. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
7_02_LATHIFA_AZHARY_ 22178013_2268_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualittaif deskriptif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menemukan integrasi budaya local di bahan ajar dan kegiatan pembelajaran di RPP Bahasa Inggris yang dirancang oleh mahasiswa PPG serta tantangan yang mereka hadapi. 10 mahasiswa PPG tahun 2022 dari Sumatera Barat, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan dilibatkan dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan adalah dokumen ceklis dan panduan interview. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa integrasi budaya local didalam bahan ajar terdiri dari dua dimensi: produk dan kebiasaan. Selain itu, berbagai macam kegiatan pembelajaran yang tergambar di RPP dalam menyampaikan integrasi budaya local seperti memberikan gambar atau video atau realia, menggunakan pertanyaan pemantik, melakukan kegiatan debat, membuat projek, melakukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, memberi berbagai macam tugas dan melibatkan teknologi dalam pembelajaran seperti Kahoot! dan Quizizz. Namun, mereka juga menghadapi beberapa tantangan dalam merancang bahan ajar seperti tantangan dalam mengetahui latar belakang budaya siswa, memilih budaya local, pemahaman guru terhadap budaya local, mengadaptasi bahan ajar dan memilih visualisasi. Selain itu, mereka juga mengalami tantangan dalam memilih kegiatan pembelajaran yang cocok. Tantangan tersebut adalah dalam mempertimbangkan karakter siswa dan model pembelajaran yang sesuai.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatimah, SittiUNSPECIFIED
CorrectorRozimela, YenniUNSPECIFIED
CorrectorFitrawati, FitrawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BUDAYA LOKAL, MATERI AJAR, TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:53
Last Modified: 10 Jun 2024 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52415

Actions (login required)

View Item View Item