Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Tema Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan Kelas III Sekolah Dasa

Yunitari, Salsabila (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Tema Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan Kelas III Sekolah Dasa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_SALSABILA_YUNITARI_19004080_1535_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran interaktif yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall melalui tahap perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk, tahap uji coba, dan hasil produk akhir. Media pembelajaran interaktif ini dikembangkan menggunakan software Powerpoint & iSpring Suite untuk media pembelajaran interaktif berbasis persentasi dan aplikasi yang relevan dengan kurikulum tematik kelas III SD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan yang dikembangkan mampu meningkatkan keaktifan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, media ini juga dinilai sebagai sumber belajar yang valid dan praktis dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Hasil uji praktikalitas siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif ini mendapat kriteria sangat praktis dari semua pihak. Penelitian ini dilaksankan dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan perkembangan teknologi. Diharapkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif ini dapat memberikan alternatif pembelajaran yang lebih menarik dan efektif di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRayendra, RayendraUNSPECIFIED
CorrectorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
CorrectorBentri, AlwenUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:47
Last Modified: 07 Jun 2024 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52396

Actions (login required)

View Item View Item