Mustafa, Ok Ahmad Zaid
(2024)
Efektivitas Media Puzzle Lasy Untuk Meningkatkan Koordinasi Mata Tangan Pada Anak GSA Kelas V SLB Al Hidayah Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Gangguan autisme mengakibatkankan anak tertinggal dalam memahami
dan menerima stimulasi pembelajaran atau materi yang diberikan guru. Hambatan
yang dialami menyebabkan anak gangguan spectrum autis (GSA) mengalami
perkembangan kognitif yang terbatas serta kesulitan berfikir abstrak.
Kemampuan kognitif untuk melakukan aktivitas salah satunya menggunakan
motorik halus yang melibatkan koordinasi mata dan tangan. Dengan kemampuan
koordinasi mata dan tangan yang belum berkembang dengan baik, dapat
menyebabkan anak mengalami kesulitan dalam mengikuti proses pendidikan dan
harus mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan
anak GSA dengan menggunakan media puzzle lasy.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk Single
Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A, subjek penelitian ini seorang anak
GSA inisial (T). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
dilakukan dengan cara analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi.
Hasil penelitian ini menunjukkan overlap data pada kondisi intervensi
baseline A1 0% dan overlap. Pada kondisi intervensi-baseline A2 0%. Ini
menunjukkan baiknya pengaruh perlakuan terhadap subjek. Maka dari overlap
data ini penelitian yang penulis lakukan memiliki pengaruh yang baik terhadap
subjek dengan meningkatnya koordinasi mata dan tangan peserta didik untuk
kegiatan pramenulis
Actions (login required)
|
View Item |