Pengembangan E-module Literasi Sains Model Project Base Learning Berbasis Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker di Taman Kanak-Kanak.

Khairiah, Fisna (2024) Pengembangan E-module Literasi Sains Model Project Base Learning Berbasis Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker di Taman Kanak-Kanak. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_01_FISNA_KHAIRIAH_22330006_2718_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latarbelakang masalah dalam penelitian ini adalah media pembelajaran yang digunakan pendidik yang masih sedikit untuk mengembangkan kemampuan literasi sains. Terutama pada kegiatan literasi sains model proyek (projek based learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-module literasi sains serta melakukan uji ;1) mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan atau uji validitas ,2) mengetahui respon pendidik dan peserta didik (praktikalitas) ,3) mengetahui hasil uji coba (efektifitas) e-module literasi sains anak berbasis projek based learning yaitu membuat eco enzyme. Metode pengembangan model yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Validasi dilakukan dilakukan oleh 3 orang ahli, subjek uji coba adalah peserta didik di taman kanak-kanak Darma Wanita Kota Payakumbuh. Pengumpulan data dilakukan dengan angket uji coba produk. Analisis data dilakukan analisis validitas, analisis praktikalitas, dan analisis uji efektifitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa E-module diantaranya;1) hasil penelitian dari ahli materi dengan rata-rata 98%, ahli bahasa dengan rata-rata 88%, ahli media dengan rata-rata 89% ,2) Hasil respon pendidik dan peseta didik sangat baik,3) hasil uji coba pada praktikalitas 92 % yang dikategorikan sangat praktis. Hasil uji efektivitas dengan rata-rata 88% dinyatakan sangat efektif. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-module model projek based learning berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Di Taman Kanak-Kanak tentang membuat eco enzyme dengan tema aku sayang bumi/mengolah sampah layak digunakan di Taman Kanak-kanak.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliza, DelfiUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorMayar, FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODULE, LITERASI SAINS, PROJEK BASED LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:58
Last Modified: 07 Jun 2024 01:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52390

Actions (login required)

View Item View Item