Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Padang

Nabila, Atifah (2023) Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_ATIFAH_NABILA_19329004_1265_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang bertujuan untuk meningkatkan upaya dalam mencapai kompetensi dan karakter peserta didik yang disusun sesuai dengan profil pelajar Pancasila dan berdasarkan standar kompetensi lulusan. P5 memiliki beragam tema yang dapat dikembangkan menjadi banyak proyek pada setiap satuan pendidikan. Profil Pelajar Pancasila memiliki enam dimensi yang terdiri dari 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Jika dilihat secara lebih luas dan mendalam semua tema yang tersedia dan enam dimensi profil pelajar Pancasila memiliki kaitan erat dengan nilai nilai Pendidikan Agama Islam, Namun saat ini banyak presepsi yang muncul bahwa proyek ini tidak berkaitan dengan nilai nilai Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk melihat 1) perencanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam perspektif Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Padang, 2) pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam perspektif Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Padang, 3) Evaluasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam perspektif Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila yang di laksanakan di SMAN 2 Padang berkaitan erat dengan nilai nilai pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirdati, WirdatiUNSPECIFIED
CorrectorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:47
Last Modified: 06 Jun 2024 07:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52380

Actions (login required)

View Item View Item