Hubungan Spatio Temporal Urban Heat Island (UHI) dengan Nilai Indeks Vegetasi Menggunakan Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus : Kota Padang, Sumatera Barat)

Hidayat, Rahmat (2024) Hubungan Spatio Temporal Urban Heat Island (UHI) dengan Nilai Indeks Vegetasi Menggunakan Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus : Kota Padang, Sumatera Barat). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RAHMAT_HIDAYAT_19136095_724_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui variasi Normalized Difference Vegetation Index (NDVI) dan Enchanced Vegetation Index (EVI) di Kota Padang; variasi spatio temporal di daerah Kota Padang; dan hubungan antara Urban Heat Island (UHI) dengan indeks kerapatan vegetasi dengan menggunakan analisis Person Product Moment yang ada di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan data Citra Satelit Landsat 8 OLI/TIRS tahun perekaman 2013, 2019, dan 2023 di Kota Padang. Citra diolah menggunakan perangkat lunak Arcgis untuk menghasilkan peta NDVI, EVI dan LST. Akurasi data kerapatan vegetasi digunakan titik sampel sebanyak 51 titik, dengan menggunakan teknik simple random sampling, dan pada suhu permukaan tanah digunakan data dari BMKG Maritim Teluk Bayur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisi NDVI lebih sensitif terhadap klorofil tumbuhan, sedangkan pada analisis EVI dipengaruhi oleh bentuk wilayah atau topografi yang beragam. 2) Hasil dari Urban Heat Island di Kota Padang dengan menggunakan metode analisis UTFVI mendominasi kategori kelas Non UHI. Kategori kelas UHI sangat tinggi pada tahun 2013 dan 2019 perkembangan luasan UHI kearah Koto Tangah dan Lubuk Begalung, dan tahun 2023 perkembangan luasan UHI lebiih kearah timur yaitu daerah Lubuk Kilangan. 3) Hasil Korelasi antara kerapatan vegetasi dan suhu permukaan lahan menggunakan Korelasi Pearson Product Moment menunjukkan kerapatan vegetasi menggunakan NDVI dan suhu permukaan mempengaruhi UHI yang memiliki korelasi kuat pada tahun 2013, 2019, dan 2023. Korelasi EVI juga memiliki korelasi yang kuat pada tahun 2013, 2019, 2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFebriandi, FebriandiUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorArif, Dian AdhetyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HUBUNGAN SPATIO TEMPORAL URBAN HEAT ISLAND (UHI)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:32
Last Modified: 06 Jun 2024 06:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52376

Actions (login required)

View Item View Item