Thoha, Adi
(2023)
Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality terhadap Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Permesinan Bubut Kelas XI
SMK Negeri 1 Sumatera Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Karena kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang belum berkembang, banyak siswa tidak mencapai standar akademik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa gagal memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), dengan nilai KKM sebesar 75. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan seberapa efektif pembelajaran bubut bubut AR (Augmented Reality) yang menggunakan android terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. yang diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah pembelajaran psikomotorik dalam teknik pemesinan bubut dan meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa.
Metode Kuantitatif Desain Eksperimen Quasai digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan apakah ada atau tidaknya perbedaan pada subjek yang akan diteliti. Untuk melakukan ini, para peneliti memeriksa perbedaan perlakuan pada subjek lain dalam kondisi yang terkendalikan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap hasil post-test only untuk berpikir kritis dan kreativitas dari 30 peserta didik yang mengikuti pembelajaran, didapatkan bahwa; berpikir kritis peserta didik dalam penerapan media Augmented Reality yang berjumlah 15 peserta didik dengan hasil analisis rata-rata dapat dilihat dari nilai rata-rata berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen 80,46 dan kelas kontrol 73,06. Kreativitas siswa dalam penerapan media pembelajaran bubut AR yang berjumlah 15 siswa dengan hasil analisis rata-rata 65,07% dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran AR bubut berbasis Android di SMK Negeri 1 Sumatera Barat menyatakan berpikir kritis dan kreativitas siswa yang baik.
Actions (login required)
|
View Item |