Uji Efektivitas Ekstrak Daun Bayam (Amaranthus spinosus L.) terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah Mencit Jantan (Mus musculus L.) Hiperglikemia

Saldi, Andini Putri (2024) Uji Efektivitas Ekstrak Daun Bayam (Amaranthus spinosus L.) terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah Mencit Jantan (Mus musculus L.) Hiperglikemia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Andini_Putri_Saldi_20032047_2728_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hiperglikemia merupakan suatu keadaan medis yang terjadi akibat adanya peningkatan terhadap kadar glukosa darah yang melebihi batas normal (≥126 mg/dL). Hiperglikemia menyebabkan terjadinya peningkatan radikal bebas di dalam sel dan dalam jumlah yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh. Hiperglikemia dapat diterapi dengan menggunakan senyawa antioksidan salah satunya yaitu flavonoid yang terdapat pada tumbuhan bayam duri. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti ingin melakukan penelitian tentang efektivitas ekstrak daun bayam duri terhadap penurunan kadar glukosa darah mencit jantan hiperglikemia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober sampai Desember 2023. Penelitian dilaksanakan di Rumah Divisi Hewan dan Laboratorium Penelitian, Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 5 pengulangan. Data kadar glukosa darah yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan metode One Way Anova menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan adanya efektivitas ekstrak daun bayam duri dengan dosis 7 mg/gBB, 14 mg/gBB dan 21 mg/gBB dalam menurunkan kadar glukosa darah mencit jantan hiperglikemia. Ekstrak daun bayam duri dengan dosis 21 mg/gBB merupakan dosis yang paling efektif dalam menurunkan kadar glukosa darah mencit jantan hiperglikemia. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ekstrak daun bayam duri efektif terhadap penurunan kadar glukosa darah mencit jantan hiperglikemia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtifah, YusniUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:22
Last Modified: 06 Jun 2024 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52362

Actions (login required)

View Item View Item