Assessment Tingkat Kerentanan pada Bangunan Perpustakaan Pusat UNP Menggunakan Gelombang Rayleigh Dan First Screening Method

Khairan, Adam (2023) Assessment Tingkat Kerentanan pada Bangunan Perpustakaan Pusat UNP Menggunakan Gelombang Rayleigh Dan First Screening Method. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ADAM_KHAIRAN_19323052_184_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan assessment sudah dilakukan pada bangunan Perpustakaan Pusat UNP menggunakan dua metode, yaitu gelombang rayleigh dengan bantuan alat mikrotremor dan metode first screening. Pada perekaman mikrotremor, data utama yang didapatkan adalah data gelombang seismik yang nantinya akan diolah menggunakan beberapa perangkat lunak dan didapatkanlah nilai kerentanan bangunan. Sedangkan metode first screening, data utama untuk mendapatkan nilai kerentanan bangunan adalah nilai indeks seismik struktur (Is) dan indeks demand (Iso). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui nilai kerentanan bangunan Perpustakaan Pusat UNP serta mengetahui perbandingan hasil antara dua metode tersebut. Pada metode gelombang rayleigh, untuk mengetahui tingkat kerentanan bangunan dapat dilihat pada nilai drift angle yang apabila nilai drift angle berada dalam rentang 0,01 - 0,005, maka bangunan tersebut akan runtuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, pada metode gelombang rayleigh, nilai kerentanan berdasarkan nilai drift angle tidak berada dalam rentang 0,01 - 0,05, akan tetapi untuk arah x (EW) dan arah y (NS) pada lantai 1 memiliki nilai rata rata yang paling mendekati rentang 0,01 - 0,005. Nilai kerentanan pada metode first screening, suatu bangunan dapat dikatakan aman jika memiliki nilai Is > Iso. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan nilai Iso = 0.55, dan nilai Is rata rata pada arah x maupun y yang didapatkan besar dari nilai iso hanya pada lantai 5, maka yang memiliki tingkat kerentanan yang rendah, hanya pada lantai 5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil dari kedua metode tersebut berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Rusnardi RahmatUNSPECIFIED
CorrectorYusmar, FajriUNSPECIFIED
CorrectorJufri, Windry NovaliaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 05 Jun 2024 09:58
Last Modified: 05 Jun 2024 09:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52356

Actions (login required)

View Item View Item