Pemetaan Zonasi Daerah Rawan Kebakaran Hutan Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (Studi Kasus SPTN Wil.III Painan Wilayah Kerja Resort Kambang Kab.Pesisir Selatan)",

Fikri, Husnul (2024) Pemetaan Zonasi Daerah Rawan Kebakaran Hutan Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (Studi Kasus SPTN Wil.III Painan Wilayah Kerja Resort Kambang Kab.Pesisir Selatan)",. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_HUSNUL_FIKRI_18136078_1010_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui zonasi tingkat kerawanan dan sebaran daerah rawan kebakaran hutan di Kawasan TNKS SPTN Wilayah III Painan Resort Kambang. Dengan adanya penelitian ini pengelola taman nasional diharapkan akan mendapatkan informasi lebih terkait pemetaan tingkat kerawanan kebakaran hutan dan sebaran daerah yang rawan kebakaran hutan di Taman Nasional Kerinci Seblat SPTN Wilayah III Painan Resort Kambang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengintegrasikan sistem informasi geografis (SIG). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survei untuk pengamatan wilayah penelitian dan pengumpulan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan 1)Tingkat kerawanan kebakaran hutan terdapat dua kelas kerawanan, kelas rendah seluas 173015.62 hektar berada umumnya di hutan hujan. Kelas sedang 11514.76 hektar berada pada kawasan hutan lahan kering primer dan sekunder, ladang, pertanian lahan kering, sawah dan semak belukar.2) Sebaran daerah rawan kebakaran terdapat total 31 titik hotspot, kategori sedang 24 titik berada di daerah pertanian lahan kering bercampur semak dan ladang, ketegori tinggi 6 titik berada di kawasan hutan hujan dan pertanian lahan kering bercampur semak, untuk kategori rendah 1 titik berada di kawasan hutan hujan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar hutan di Resort Kambang berada pada zona kelas kerawanan sedang dan rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrarikeslan, WidyaUNSPECIFIED
CorrectorYulfa, ArieUNSPECIFIED
CorrectorPurwaningsih, EndahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMETAAN ZONASI DAERAH RAWAN KEBAKARAN HUTAN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Jun 2024 05:01
Last Modified: 05 Jun 2024 05:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52352

Actions (login required)

View Item View Item