Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Baca Peserta Didik Kelas Tinggi di SD Negeri 03 Lubang Panjang Kota Sawahlunto

Irlisa, Nadya (2024) Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Baca Peserta Didik Kelas Tinggi di SD Negeri 03 Lubang Panjang Kota Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_NADYA_IRLISA_19129268_124_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi observasi di SDN 03 Lubang Panjang Kota Sawahlunto, ditemukan bahwa minat membaca peserta didik di kelas tinggi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hubungan antara pola asuh orang tua dengan minat baca peserta didik kelas tinggi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 peserta didik kelas tinggi. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 70 peserta didik diambil 100% dari jumlah populasi yang kurang dari 100 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket, dan alat pengumpul data adalah kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus persentase, product moment dan uji hipotesis. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Jenis pola asuh yang diterapkan oleh sebagian besar orang tua peserta didik kelas tinggi di SD Negeri 03 Lubang Panjang Kota Sawahlunto adalah pola asuh otoriter dengan presentase sebesar 51,43%. (2) Minat baca peserta didik tergolong dalam kategori sedang dengan presentase 47,14%. (3) Hasil korelasi dihasilkan koefisien dari hasil analisis sebesar 0,354. Dengan demikian, terdapat hubungan positif signifikan antara pola asuh orang tua dengan minat baca peserta didik kelas tinggi di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansyurdin, S, Mansyurdin, SUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, IndrawatiUNSPECIFIED
CorrectorFarida S, Farida SUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Jun 2024 10:04
Last Modified: 04 Jun 2024 10:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52337

Actions (login required)

View Item View Item