Pengaruh Penggunaan Media Diorama dari Barang Bekas dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di Taman Kanak- kanak Angkasa Lanud Padang

Shalita, Resya Khalby (2024) Pengaruh Penggunaan Media Diorama dari Barang Bekas dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di Taman Kanak- kanak Angkasa Lanud Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_RESYA_KHALBY_SHALITA_19022194_1596_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum bervariasinya penggunaan media dalam kegiatan pengembangan motorik halus bagi anak usia dini. Hal ini terlihat ketika anak belum dapat memegang benda seperti pensil, penghapus, gunting saat pembelajaran, serta media yang digunakan dalam pengembangan motorik halus kurang menarik bagi anak. Fasilitas sekolah yang kurang memadai dalam pembuatan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama dari bahan bekas dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak- kanak Angkasa Lanud Padang. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis metode Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Januari 2023 – Februari 2023. Populasi Penelitian ini adalah seluruh murid Taman Kanak-kanak Angkasa Lanud Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik pusposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel apabila sebagian digunakan sampel yaitu kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah anak masing-masing kelas berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa 6 butir item pernyataan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPPS Ver 22 For Windows. Hasil dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas dan homogenitas pada pre-test dan hasil post-test berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya berdasarkan uji-t menunjukan nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,037 < 0,05 maka H0 ditolak, Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media diorama dari barang bekas dalam mengembangkan motorik halus anak di Taman Kanak- kanak Angkasa Lanud Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJaya, IndraUNSPECIFIED
CorrectorPransiska, RismareniUNSPECIFIED
CorrectorHazizah, NurUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Jun 2024 08:33
Last Modified: 04 Jun 2024 08:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52330

Actions (login required)

View Item View Item