Efektivitas Penerapan Projek Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Menguatkan Karakter Profil Pelajar Pancasila (Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan YME, Bergotong-royong, Kreatif) di SMA Negeri 8 Padang

Rona, Suci Putri (2023) Efektivitas Penerapan Projek Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Menguatkan Karakter Profil Pelajar Pancasila (Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan YME, Bergotong-royong, Kreatif) di SMA Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_SUCI_PUTRI_RONA_19058125_305_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan projek gaya hidup berkelanjutan dalam menguatkan karakter profil pelajar pancasila (beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, bergotong-royong, kreatif) di SMA Negeri 8 Padang. Penelitian ini menarik dilakukan karena penerapan projek gaya hidup berkelanjun masi baru dilaksanakan, dan ditujukan untuk menguatkan karakter profil pelajar Pancasila yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME bergotongroyong, kreatif. Untuk menganalisis penelitian ini, penulis menggunakan teori belajar behavioristik B.F. Skinner, karena berdasarkan teori belajar behavioristik, melihat bahwa belajar merupakan perubahan tingkah laku. Seseorang telah dianggap belajar apabila mampu menunjukkan perubahan tingkah lakunya. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex-post facto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknnik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah 78 siswa SMA Negeri 8 Padang. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan projek gaya hidup berkelanjutan efektif dalam menguatkan karakter profil pelajar Pancasila (beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, bergotong-royong dan kreatif) di SMA Negeri 8 Padang namun masih pada tingkat hubungan rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai r hitung sebesar 0,360 dan r tabel sebesar 0,222 dengan menggunakan uji dua arah dengan taraf signifikansi 0,05, maupun dengan menggunakan uji dua arah taraf signifikansi 0,01 sebesar 0,187 atau r hitung > r tabel (0,187< 0,360 > 0,222) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, yang dapat diartikan bahwa penerapan projek gaya hidup berkelanjutan memiliki hubungan namun masih pada tingkat hubungan yang rendah. Karena berdasarkan interval koefisien korelasi pada penelitian ini dapat diinterpretasikan dengan kategori 0,20-0,399 yang mana tingkat hubungan rendah. Berdasarkan persentase sumbangan penerapan projek gaya hidup berkelanjutan dalam menguatkan karakter profil pelajar pancasila (Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, bergotong-royong, kreatif) di SMA Negeri 8 Padang sebesar 13% dan sisanya sebesar 87% (100%-13%) yang disebabkan faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
CorrectorFernandes, RenoUNSPECIFIED
CorrectorFebriani, Eka AsihUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MENGUATAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 31 May 2024 09:30
Last Modified: 31 May 2024 09:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52318

Actions (login required)

View Item View Item