Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 29 Padang

Listari, Yumi Fardila (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 29 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Yumi_Fardila_Listari_19029127_2190_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki peserta didik adalah kemampuan komunikasi matematis. Akan tetapi, pada kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 29 Padang masih tergolong rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan tidak dapat mendorong peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam menyampaikan ide atau gagasan matematisnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Square. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan membandingkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Square (TPSq) dengan peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Jenis penelitian ini Quasi Experiment yang menggunakan rancangan penelitian Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 29 Padang Tahun Pelajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh P-value = 0,001. Karena P-value < α, maka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorElniati, SriUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 May 2024 04:34
Last Modified: 29 May 2024 04:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52259

Actions (login required)

View Item View Item