Anggrean, Yulita
(2024)
Pembuatan Bahan Ajar Berbasis
Phenomenon-Based Learning untuk
Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika
Materi Fluida.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep fisika
peserta didik sehingga terjadi miskonsepsi pada materi fluida. Penyebab rendahnya
pemahaman konsep dikarenakan bahan ajar yang digunakan belum dapat menarik
minat belajar peserta didik. Bahan ajar yang tersedia belum mengaitkan fenomena
kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik kesulitan dalam memahami fakta
dengan teori fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji validitas dan
praktikalitas bahan ajar yang dikembangkan.
Penelitian ini merupakan desain research dengan menggunakan model
Plomp. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap yaitu preliminary research dan
development or prototyping sampai pada tahap small group. Sumber data validasi
diperoleh dari 6 validator Departemen Fisika FMIPA UNP. Sumber data hasil uji
one to one diperoleh dari 3 orang peserta didik kelas XI Fase F SMAN 5 Padang.
Sumber data Small Group diperoleh dari 3 orang guru fisika dan 9 orang peserta
didik dikelas XI Fase F SMAN 5 Padang. Instrumen pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah lembar angket peserta didik, lembar wawancara guru, lembar
penilaian self-evaluation, lembar penilaian validitas dan lembar penilaian
praktikalitas.
Hasil Penelitian ini mengungkapkan bahwa produk yang dikembangkan
memiliki nilai validitas 0,88 dengan kategori valid dan nilai praktikalitas 91,9%
dari guru, 92,4% dari peserta didik dengan kategori praktis. Oleh karena itu, dapat
disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis phenomenon-based learning untuk
meningkatkan pemahaman konsep fisika materi fluida yang sudah valid dan praktis.
Actions (login required)
|
View Item |