Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Phenomenon-Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Materi Fluida

Anggrean, Yulita (2024) Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Phenomenon-Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Materi Fluida. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_YULITA_ANGGREANI_19033190_2370_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep fisika peserta didik sehingga terjadi miskonsepsi pada materi fluida. Penyebab rendahnya pemahaman konsep dikarenakan bahan ajar yang digunakan belum dapat menarik minat belajar peserta didik. Bahan ajar yang tersedia belum mengaitkan fenomena kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik kesulitan dalam memahami fakta dengan teori fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji validitas dan praktikalitas bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan desain research dengan menggunakan model Plomp. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap yaitu preliminary research dan development or prototyping sampai pada tahap small group. Sumber data validasi diperoleh dari 6 validator Departemen Fisika FMIPA UNP. Sumber data hasil uji one to one diperoleh dari 3 orang peserta didik kelas XI Fase F SMAN 5 Padang. Sumber data Small Group diperoleh dari 3 orang guru fisika dan 9 orang peserta didik dikelas XI Fase F SMAN 5 Padang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar angket peserta didik, lembar wawancara guru, lembar penilaian self-evaluation, lembar penilaian validitas dan lembar penilaian praktikalitas. Hasil Penelitian ini mengungkapkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki nilai validitas 0,88 dengan kategori valid dan nilai praktikalitas 91,9% dari guru, 92,4% dari peserta didik dengan kategori praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis phenomenon-based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika materi fluida yang sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 May 2024 03:59
Last Modified: 29 May 2024 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52254

Actions (login required)

View Item View Item