Putri, Vinny Frestia Eka
(2024)
Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri
pada Materi Stoikiometri melalui TikTok
untuk Fase F SMA/MA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Materi stoikiometri merupakan salah satu materi yang dianggap sulit
oleh peserta didik karena karakteristik materinya abstrak dan banyak perhitungan,
sehingga peserta didik perlu belajar mandiri untuk meningkatkan pemahaman.
Belajar mandiri dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial. Generasi Z
menyukai belajar menggunakan teknologi dengan format audio visual. Salah satu
media sosial yang dapat digunakan untuk belajar mandiri adalah TikTok.
Berdasarkan hasil penyebaran angket, sebanyak 82,4% peserta didik telah
memiliki akun TikTok dan 81% diantaranya tertarik memanfaatkan untuk belajar
stoikiometri, tapi belum ditemukan akun yang lengkap sebagai media
pembelajaran audio visual. Oleh karena itu, penelitian ditujukan untuk
mengembangkan media pembelajaran mandiri pada materi stoikiometri melalui
TikTok untuk peserta didik fase F SMA/MA yang valid dan praktis. Jenis
penelitian yang digunakan adalah educational design research dengan model
pengembangan Plomp yang dibatasi sampai tahap prototype III. Penelitian ini
dilaksanakan di Departemen Kimia FMIPA UNP dan SMAN 9 Padang. Subjek
penelitian ini adalah dosen kimia FMIPA UNP, guru kimia SMA, dan peserta
didik fase F SMA. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran mandiri
melalui TikTok pada materi stoikiometri untuk fase F SMA/MA yang telah
dikembangkan. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar angket,
lembar validitas dan lembar praktikalitas. Hasil analisis akan mengungkapkan
kevalidan dan kategori kepraktisan dari media yang telah dikembangkan. Data
hasil validasi yang diolah menggunakan formula Aiken’s V menunjukkan media
sudah valid dengan nilai V= 0,85. Uji praktikalitas menghasilkan media sangat
praktis dengan persen praktikalitas berdasarkan penilaian guru sebesar 92%, dan
peserta didik 81% (sangat praktis).
Actions (login required)
|
View Item |