Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri pada Materi Stoikiometri melalui TikTok untuk Fase F SMA/MA

Putri, Vinny Frestia Eka (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri pada Materi Stoikiometri melalui TikTok untuk Fase F SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_VINNY_FRESTIA_EKA_PUTRI_19035117_1709_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Materi stoikiometri merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh peserta didik karena karakteristik materinya abstrak dan banyak perhitungan, sehingga peserta didik perlu belajar mandiri untuk meningkatkan pemahaman. Belajar mandiri dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial. Generasi Z menyukai belajar menggunakan teknologi dengan format audio visual. Salah satu media sosial yang dapat digunakan untuk belajar mandiri adalah TikTok. Berdasarkan hasil penyebaran angket, sebanyak 82,4% peserta didik telah memiliki akun TikTok dan 81% diantaranya tertarik memanfaatkan untuk belajar stoikiometri, tapi belum ditemukan akun yang lengkap sebagai media pembelajaran audio visual. Oleh karena itu, penelitian ditujukan untuk mengembangkan media pembelajaran mandiri pada materi stoikiometri melalui TikTok untuk peserta didik fase F SMA/MA yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah educational design research dengan model pengembangan Plomp yang dibatasi sampai tahap prototype III. Penelitian ini dilaksanakan di Departemen Kimia FMIPA UNP dan SMAN 9 Padang. Subjek penelitian ini adalah dosen kimia FMIPA UNP, guru kimia SMA, dan peserta didik fase F SMA. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran mandiri melalui TikTok pada materi stoikiometri untuk fase F SMA/MA yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar angket, lembar validitas dan lembar praktikalitas. Hasil analisis akan mengungkapkan kevalidan dan kategori kepraktisan dari media yang telah dikembangkan. Data hasil validasi yang diolah menggunakan formula Aiken’s V menunjukkan media sudah valid dengan nilai V= 0,85. Uji praktikalitas menghasilkan media sangat praktis dengan persen praktikalitas berdasarkan penilaian guru sebesar 92%, dan peserta didik 81% (sangat praktis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
CorrectorIswendi, IswendiUNSPECIFIED
CorrectorSuryani, OktaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 May 2024 03:59
Last Modified: 29 May 2024 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52253

Actions (login required)

View Item View Item