Perbandingan Algoritma Na ve Bayes dan K-Nearest Neighbor dalam Klasifikasi Diagnosis Pasien Penyakit Demam Berdarah Dengue di RSUD DR. Achmad Darwis

Yuniza, Viola (2024) Perbandingan Algoritma Na ve Bayes dan K-Nearest Neighbor dalam Klasifikasi Diagnosis Pasien Penyakit Demam Berdarah Dengue di RSUD DR. Achmad Darwis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_VIOLA_YUNIZA_19337072_2444_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan di lingkungan masyarakat Indonesia yang harus segera mendapat penanganan yang cepat. DBD merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. DBD di Kabupaten Lima Puluh Kota terjadi peningkatan pada Tahun 2022 dibuktikan dengan tingkat IR sebesar 14,40%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengklasifikasian dan tingkat akurasi dalam klasifikasi diagnosis pasien penyakit DBD di RSUD DR. Achmad Darwis Tahun 2020-2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari RSUD DR. Achmad Darwis Kabupaten Lima Puluh Kota. Data tersebut berupa data rekam medis pasien rawat inap penderita penyakit DBD. Analisis yang digunakan adalah algoritma Na ve Bayes dan KNearest Neighbor. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel prediktor yaitu umur, suhu badan, demam, trombosit, jenis kelamin, nyeri sendi, nafsu makan, pusing, mual muntah, gusi berdarah, mimisan. Hasil pengklasifikasian pasien penyakit DBD di RSUD DR. Achmad Darwis terhadap 34 data testing pada algoritma Na ve Bayes berhasil mengklasifikasikan 12 pasien dikategorikan positif DBD dan 22 pasien dikategorikan negatif DBD. Pada algoritma KNN berhasil mengklasifikasikan 3 pasien dikategorikan positif DBD dan 31 pasien dikategorikan negatif DBD. Algoritma Na ve Bayes memiliki tingkat accuracy sebesar 91,18%. Sedangkan algoritma KNN tingkat accuracy sebesar 73%. Berdasarkan nilai tersebut dapat dikatakan bahwa algoritma Na ve Bayes memiliki peforma yang sangat baik dalam mengklasifikasikan pasien penyakit DBD di RSUD DR. Achmad Darwis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Atus AmadiUNSPECIFIED
CorrectorAmalita, NonongUNSPECIFIED
CorrectorFitri, FadhilahUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 May 2024 03:59
Last Modified: 29 May 2024 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52252

Actions (login required)

View Item View Item