Perbandingan Hasil Belajar Siswa menggunakan Metode Pembelajaran Project-Based Learning dengan dan tanpa Software Simurelay Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMKN 1 Bukittinggi.

Rahayu, Indah Dwi (2024) Perbandingan Hasil Belajar Siswa menggunakan Metode Pembelajaran Project-Based Learning dengan dan tanpa Software Simurelay Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMKN 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_3_INDAH_DWI_RAHAYU_19063085_2628_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Instalasi Motor Listrik di kelas XI SMKN 1 Bukittinggi masih belum menggunakan metode pembelajaran Project-Based Learning secara optimal, kemudian dalam penggunaan media pembelajaran juga masih menggunakan media konvensional. Oleh karena itu penggunaan metode pembelajaran Project-Based Learning harus dilakukan secara optimal, software simurelay juga dapat membantu proses pembelajaran Instalasi Motor Listrik karena dapat memudahkan peserta didik dalam memahami bagaimana rangkaian Instalasi Motor Listrik bekerja. Diperlukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui keberartian perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Project-Based Learning dengan dan tanpa software simurelay pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMKN 1 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian komparatif kuantitatif dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI TKL SMKN 1 Bukittinggi. Instrument yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes kinerja dalam bentuk rubrik penilaian kinerja. Hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan metode pembelajaran Project-Based Learning berbantuan software simurelay lebih tinggi dibandingkan hasil belajar peserta didik menggunakan metode pembelajaran Project-Based Learning menggunakan media konvensional. Oleh karena itu dapat dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dengan hasil belajar kelompok control

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEffendi, HansiUNSPECIFIED
CorrectorAswardi, AswardiUNSPECIFIED
CorrectorYanto, Doni TriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, METODE PEMBELAJARAN, MOTOR LISTRIK
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 May 2024 02:58
Last Modified: 29 May 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52250

Actions (login required)

View Item View Item