Pengembangan Kamus E-Mnemonic Sebagai Sumber Belajar Siswa Dalam Meningkatakan Keterampilan Membangun Arti Penting Sejarah SMA

Lestari, Anik Dwika (2023) Pengembangan Kamus E-Mnemonic Sebagai Sumber Belajar Siswa Dalam Meningkatakan Keterampilan Membangun Arti Penting Sejarah SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ANIK_DWIKA_LESTARI_19046008_231_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis cara mengembangkan kamus E-Mnemonic yang dapat meningkatkan keterampilan membangun arti penting sejarah siswa. (2) Menganalisis Kelayakan kamus E-Mnemonicdapat meningkatkan keterampilan membangun arti penting sejarah siswa.(3) Menganalisis Praktikalitas kamus E-Mnemonic yang dapat meningkatkan keterampilan membangun arti penting sejarah siswa. Metode penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development/ R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah model 4D terdiri dari 4 proses tahapan pengembangan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate).Instrumen penelitian disusun meliputi lembar angket validitas ahli materi dan lembar validitas ahli sumber belajar, dan lembar praktikalitas untuk guru dan siswa.Penerapan sumber belajar kamus E-Mnemonic dilakukan kepada siswa kelas XI IPS 1 dan 2 di SMA Pertiwi 1 Padang.Analisis data peneltian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu diperoleh dari pengukuran skala, yaitu Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar kamus E-Mnemonic sejarah dari kelayakan ahli materi menyatakan layak digunakan dengan skor rata-rata kelayakan sebesar 3,6, sedangkan skor rata-rata kelayakan dari ahli sumber belajar diperoleh dengan skor 3,4 dengan kriteria sangat layak. selanjutnya untuk responden kepraktisan kamus E-Mnemonic sejarah yang didapatkan dari guru diperoleh nilai sebesar 3,6 dengan kriteria sangat praktis, serta kepraktisan juga dilihat dari analisis jawaban angket responden yang diberikan kepda 51 orang peserta didik kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang. Hasil yang diperoleh sebesar 3,4 dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian kamus E-Mnemonic sejarah yang diuji cobakan terhadap peserta didik sangat praktis digunakan sebagai salah satu sumber untuk membantu peserta didik memperkaya pengetahuan dan pemahanan konsep-konsep yang ada di mata pelajaran sejarah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOfianto, OfiantoUNSPECIFIED
CorrectorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
CorrectorHastuti, HeraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KAMUS E-MNEMONIC
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 May 2024 01:37
Last Modified: 29 May 2024 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52232

Actions (login required)

View Item View Item