Pembuatan Alat Peraga Struktur Aman Gempa pada Mata Kuliah Metode Perkuatan Struktur

Wulandari, Galuh (2024) Pembuatan Alat Peraga Struktur Aman Gempa pada Mata Kuliah Metode Perkuatan Struktur. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_GALUH_WULANDARI_18061055_2613_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat adalah belum adanya alat peraga struktur aman gempa sebagai penunjang pembelajaran sehingga mahasiswa masih mengalami kesulitan dalammendeskripsikan perilaku dan pengaruh gempa terhadap bangunan. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media alat peraga struktur aman gempa yang layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran pada mata kuliah Metode Perkuatan Struktur. Penelitian ini menggunakan metode Research and Deveploment yang mengadaptasi model DDD-E yang terdiri dari tahap Decide,Design,Develop, dan Evaluate.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket penilaian untuk uji validasi media dan uji praktikalitas media. Berdasarkan penilaian produk terhadap media alat peraga struktur aman gempapada mata kuliah Metode Perkuatan Struktur dengan rumus Aiken oleh ahli media dari semua aspek memperoleh nilai V Aiken 0,87 dengan kategori kevalidan tinggi, dan penilaian oleh ahli materi dari semua aspek memperoleh nilai V Aiken 0,96 dengan kategori kevalidan tinggi. Sedangkanuji praktikalitasterhadap media alat peraga struktur aman gempa oleh mahasiswa memperoleh nilai presentase 87% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian media yang dihasilkan dapat dinyatakan sangat valid dan praktis untuk digunakan sebagai media penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJuliafad, EkaUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Rusnardi RahmadUNSPECIFIED
CorrectorAndreas, Laras OktaviaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, ALAT PERAGA, PERKUATAN STRUKTUR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 May 2024 01:36
Last Modified: 29 May 2024 01:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52230

Actions (login required)

View Item View Item