Model Cellular Automata untuk Masalah Evakuasi Pejalan Kaki di Gedung Terpadu FMIPA UNP dengan Mempertimbangkan Kepanikan

Marliza, Syafina Putri (2023) Model Cellular Automata untuk Masalah Evakuasi Pejalan Kaki di Gedung Terpadu FMIPA UNP dengan Mempertimbangkan Kepanikan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Syafina_Putri_Marliza_19030077_1633_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam situasi darurat seperti kebakaran atau gempa bumi di gedung-gedung yang padat pengunjung, evakuasi pejalan kaki menjadi isu yang penting. Faktor kepanikan dapat memiliki dampak signifikan terhadap efisiensi evakuasi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model cellular automata yang mengintegrasikan pendekatan bidang lantai statis dan dinamis, serta probabilitas transisi, guna membandingkan waktu evakuasi dalam kondisi normal dan kepanikan di Gedung Terpadu FMIPA UNP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian terapan, dimana penelitian ini terfokus pada simulasi model cellular automata yang mampu menampilkan dinamika evakuasi di lingkungan gedung padat penduduk. Model ini menggabungkan pendekatan bidang lantai statis dan dinamis untuk menciptakan representasi tentang interaksi pejalan kaki. Selain itu, penelitian ini menerapkan metode probabilitas transisi untuk lebih akurat memodelkan perubahan arah pejalan kaki berdasarkan lingkungan sekitar dan interaksi dengan pejalan kaki lainnya. Model ini memperlihatkan bahwa waktu evakuasi pada kondisi panik mengalami peningkatan dibanding dalam kondisi normal. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang dampak faktor kepanikan pada evakuasi gedung. Simulasi menunjukkan bahwa individu cenderung terorganisir dalam situasi normal, sementara dalam kepanikan, pejalan kaki memilih berdesakan mengikuti jejak pejalan kaki sebelumnya sehingga menyebabkan waktu evakuasi mengalami peningkatan. Model cellular automata yang dikembangkan dapat mengidentifikasi pengaruh konstanta kepanikan terhadap waktu evakuasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, DefriUNSPECIFIED
CorrectorSari, Devni PrimaUNSPECIFIED
CorrectorWinanda, Rara SandhyUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 May 2024 03:10
Last Modified: 28 May 2024 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52219

Actions (login required)

View Item View Item