Aktivitas Enzim Lakase dan Mangan Peroksidase (MnP) dari Jamur Pangan sebagai Pendegradasi Melanin dan Aplikasinya untuk Pemutih Alami Kulit

Nurfalinda, Siti (2024) Aktivitas Enzim Lakase dan Mangan Peroksidase (MnP) dari Jamur Pangan sebagai Pendegradasi Melanin dan Aplikasinya untuk Pemutih Alami Kulit. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Siti_Nurfalinda_20032097_2398_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan produk pemutih akan mempengaruhi kadar melanin di dalam kulit. Beberapa produk pemutih kulit biasanya menggunakan bahan kimia dalam menurunkan kadar melanin yang dapat memicu kanker. Maka diperlukan alternatif lain penghasil senyawa yang dapat mendegradasi melanin seperti jamur pangan menghasilkan enzim ligninolitik seperti lignin peroksidase, lakase, dan mangan peroksidase (MnP) untuk dekolorisasi (penghilangan warna) melanin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas lakase dan MnP yang diekstrak dari jamur pangan lokal serta mengetahui aktivitas sinergi lakase dan MnP dalam mendegradasi melanin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sebanyak 14 jamur pangan lokal diuji kemampuannya untuk menghasilkan lakase dan MnP sebagai pemutih alami kulit. Dipilih 2 isolat dengan memiliki aktivitas lakase tinggi untuk dipekatkan menggunakan filter amicon. Enzim hasil pemekatan digunakan kembali untuk pengujian aktivitas lakase dan MnP, selanjutnya diuji aktivitas dalam mendegradasi melanin. Aktivitas lakase yang tinggi terdapat 2 isolat diantaranya isolat Coprinus comatus (CC) dan Volvariela volvacea (VV). Sedangkan, aktivitas MnP yang tinggi terdapat 3 isolat terdiri dari isolat polipi, Macrocybe, dan A. auricula (KP). Hasil uji kemampuan degradasi melanin dari jamur terpilih terdapat adanya sinergi antara enzim lakase dan MnP dalam mendegradasi melanin di jam ke-6.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndriani, AdeUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, DeziUNSPECIFIED
CorrectorAchyar, AfifatulUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 May 2024 07:10
Last Modified: 27 May 2024 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52199

Actions (login required)

View Item View Item