Pengembangan Sumber Belajar Mandiri Materi Penerapan Konsep Kimia dalam Pengelolaan Lingkungan & Pemanasan Global Menggunakan Telegram untuk Fase E SMA

Fani. S, Septila (2024) Pengembangan Sumber Belajar Mandiri Materi Penerapan Konsep Kimia dalam Pengelolaan Lingkungan & Pemanasan Global Menggunakan Telegram untuk Fase E SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Septila_Fani_S_19035048_1545_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penerapan konsep kimia dalam pengelolaan lingkungan dan pemanasan global merupakan materi kimia fase E pada kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka mengharapkan peserta didik mampu mengaplikasikan konsep. Karena itu diperlukan pemahaman konsep melalui belajar mandiri. Inovasi sumber belajar mandiri kekinian sesuai minat peserta didik salah satunya menggunakan media sosial. Telegram merupakan salah satu pilihan media sosial yang dapat digunakan. Dari hasil penyebaran angket, sebanyak 81.25 % peserta didik lebih menyukai sumber belajar ringkas dalam bentuk video dan gambar. Sebanyak 79.68 % peserta didik telah memiliki akun Telegram dan 73.44 % diantaranya tertarik menggunakan Telegram sebagai sumber belajar mandiri. Tetapi sumber belajar mandiri untuk materi tersebut belum tersedia. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan mengembangkan sumber belajar mandiri menggunakan bot Telegram yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah education design research dengan model pengembangan Plomp. Penelitian terdiri dari 3 tahap utama, yaitu: Preliminary Research, Prototyping Stage dan Assesement Phase. Penelitian dibatasi sampai uji praktikalitas prototipe III. Subjek penelitian adalah dosen kimia UNP, guru kimia dan peserta didik fase E SMA/MA. Penelitian menggunakan instrument berupa lembar angket, lembar valliditas dan praktikalitas. Data hasil validasi diolah menggunakan formula Aiken’s V, menunjukkan sumber belajar mandiri sudah valid dengan nilai V=0,88. Uji praktikalitas diolah dengan rumus persentase, menunjukkan sumber belajar mandiri yang dikembangkan sangat praktis dengan persen praktikalitas guru sebesar 88% dan praktikalitas peserta didik sebesar 91%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
CorrectorAini, SyamsiUNSPECIFIED
CorrectorRiga, RigaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 May 2024 07:10
Last Modified: 27 May 2024 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52198

Actions (login required)

View Item View Item