Asfiya, Najmi
(2024)
Pengembangan E-modul Fisika Kurikulum Merdeka
untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar pada Materi
Pemanasan Global dan Pencemaran Lingkungan Kelas X
SMA/MA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kurikulum merdeka diterapkan untuk mengatasi learning loss yang timbul
sebagai dampak dari pembelajaran pada saat pandemi. Learning loss dapat
ditanggulangi dengan kemandirian belajar peserta didik. Kurikulum merdeka
terfokus pada pembelajaran yang mandiri bagi peserta didik. Faktanya,
kemandirian belajar peserta didik rendah serta bahan ajar fisika kurikulum
merdeka belum dapat memaparkan materi fisika dengan baik. Penelitian
pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul yang dapat menjadi
bahan ajar fisika serta dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik
dalam upaya menanggulangi learning loss.
Penelitian ini merupakan Education Design Research menggunakan model
pengembangan Plom. yang terdiri dari dua tahap yaitu tahap pendahuluan
(preliminary research) dan tahap pengembangan (prototyping phase). E-modul
diuji kelayakannya melalui tahap evaluasi formatif yang terdiri dari selfevaluation,
expert review, uji praktikalitas one-to-one yang dilakukan kepada
peserta didik di SMAN 2 Padang, SMAN 10 Padang dan SMA Pembangunan
Laboratorium UNP dan small group yang dilakukan peserta didik di SMAN 10
Padang dan SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Teknik analisis data yakni
dengan statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan data yang telah dianalisis didapatkan hasil penelitian yakni pada
tahap self-evaluation diketahui bahwa e-modul yang dikembangkan valid dengan
nilai rata-rata 98,88%. Pada tahap expert review diketahui bahwa e-modul sudah
valid dengan nilai 0,89 berdasarkan skala Aiken’s V. Jadi dapat disimpulkan
bahwa e-modul yang dikembangkan valid dan praktis serta dapat dijadikan bahan
pertimbangan oleh guru dan peserta didik sebagai bahan ajar kurikulum merdeka.
Actions (login required)
|
View Item |