Pengembangan E-modul Fisika Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar pada Materi Pemanasan Global dan Pencemaran Lingkungan Kelas X SMA/MA

Asfiya, Najmi (2024) Pengembangan E-modul Fisika Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar pada Materi Pemanasan Global dan Pencemaran Lingkungan Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NAJMI_ASFIYA_19033114_2339_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka diterapkan untuk mengatasi learning loss yang timbul sebagai dampak dari pembelajaran pada saat pandemi. Learning loss dapat ditanggulangi dengan kemandirian belajar peserta didik. Kurikulum merdeka terfokus pada pembelajaran yang mandiri bagi peserta didik. Faktanya, kemandirian belajar peserta didik rendah serta bahan ajar fisika kurikulum merdeka belum dapat memaparkan materi fisika dengan baik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul yang dapat menjadi bahan ajar fisika serta dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dalam upaya menanggulangi learning loss. Penelitian ini merupakan Education Design Research menggunakan model pengembangan Plom. yang terdiri dari dua tahap yaitu tahap pendahuluan (preliminary research) dan tahap pengembangan (prototyping phase). E-modul diuji kelayakannya melalui tahap evaluasi formatif yang terdiri dari selfevaluation, expert review, uji praktikalitas one-to-one yang dilakukan kepada peserta didik di SMAN 2 Padang, SMAN 10 Padang dan SMA Pembangunan Laboratorium UNP dan small group yang dilakukan peserta didik di SMAN 10 Padang dan SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Teknik analisis data yakni dengan statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan data yang telah dianalisis didapatkan hasil penelitian yakni pada tahap self-evaluation diketahui bahwa e-modul yang dikembangkan valid dengan nilai rata-rata 98,88%. Pada tahap expert review diketahui bahwa e-modul sudah valid dengan nilai 0,89 berdasarkan skala Aiken’s V. Jadi dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid dan praktis serta dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh guru dan peserta didik sebagai bahan ajar kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRazi, PakhrurUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 May 2024 04:49
Last Modified: 27 May 2024 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52192

Actions (login required)

View Item View Item