Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Memfasilitiasi Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa SMA/MA Materi Termodinamika

Oktaviya, Nopi (2024) Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Memfasilitiasi Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa SMA/MA Materi Termodinamika. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Nopi Oktaviya_19033047_2235_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan pratikalitas LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi termodinamika. Pengembangan LKPD fisika dilatarbelakangi oleh hasil belajar fisika pada materi termodinamika belum mencapai KKM, dan belum tersedianya LKPD yang inovatif, dari permasalahan tersebut peneliti memberikan solusi yaitu mengembangkan LKPD berbasis PBL untuk memfasilitasi kekmampuan berpikir kritis pada sisiwa SMA/MA materi Termodinamika Penelitian ini merupakan penelitian Reserearch and Development. Model pengembangan ini menggunkan model 4-D (four-D) yang dikembangkan oleh Sivasialam Thiagrajan dan timnya sejak tahun 1970-an. Model ini terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu define, design, develop, and desseminate. Menginggat keterbatasan waktu dan biaya, maka peneliti hanya melakukan 3-D yang terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan) dan tahap develop (pengembangan). Penelitian pada tahap penyebaran (desseminete) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Instrumen penelitian ini lembar validasi dan lembar pratikalitas. Validator dari LKPD ini terdiri dari 3 orang dosen fisika, serta menjalani uji pratikalitas oleh 2 orang pratisi guru fisika dan 30 peserta didik. Hasil terhadap LKPD berbasis Problem Based Learning. yang telah dikembangkan pada meteri termodinamika berada kategori valid dengan nilai sebesar 0,94. Kemudian hasil uji coba pratikalitas juga menunjukkan bahwa LKPD ini telah memenuhi krikteria praktikalitas dengan nilai 0,95. dengan arti kata LKPD sangat praktis dan dapat dipakai dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan LKPD dari kelayakan segi isi LKPD, kebahasaan, penyajian, kegrafikan, kelayakan komponen model pembelajaran PBL pada LKPD, dan kelayakan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan uji coba LKPD ini juga dinyatakan praktis baik dari segi kemudahan penggunaan, daya tarik, kejelasan, manfaat dari LKPD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
CorrectorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 May 2024 04:49
Last Modified: 27 May 2024 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52190

Actions (login required)

View Item View Item