Wulandari, Suci
(2024)
Pengaruh Destination Image Terhadap Recommend To
Intention Daya Tarik Wisata Pantai Sasak dengan Destination Personality sebagai
Variabel Moderas.
Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Destination Image
terhadap Recommend to intention daya tarik wisata Pantai Sasak dengan
Destination personality sebagai variabel moderasi. Pada saat ini di Kabupaten
Pasaman Barat banyak yang datang mengunjungi wisata Pantai Sasak. Citra
destinasi sangat berpengaruh terhadap minat pengunjung untuk merekomendasikan
kepada pengunjung lain. Untuk mendukung citra destinasi pada suatu objek wisata
karakteristik pada suatu objek wisata juga berpengaruh, maka dari itu peneliti
tertarik untuk meneliti pengaruh Destination Image terhadap Recommend to
intention daya tarik wisata Pantai Sasak dengan Destination personality sebagai
variabel moderasi.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan
sampelmenggunakan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 170
responden berdasarkan rumus hair. Instrumen pada penelitian ini menggunakan
angket yang disusun menurut skala likert dan data dikumpulkan dengan
menyebarkan angket yang telah disusun kemudian diberikan kepada responden
yang telah diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya dengan bantuan alat
hitung SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 26.00. Data yang telah
terkumpul lalu dianalisis melalui Structural Equation Modeling dengan Partial
Least Square (SEM-PLS) versi 3.0.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil sebagai
berikut: Destination Image (X) berada pada kategori cukup dengan presentase
(3,33%). Minat Merekomendasikan (Y) berada pada kategori cukup dengan
presentase (3,32%). Destination Personality (Z) berada pada kategori cukup dengan
presentase (3,34%). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel
Destination image (X) terhadap variabel Minat Merekomendasikan (Y) dengan
nilai t-statistic 6,378 lebih besar dari nilai t-table 1,96 dan nilai p-values 0,00 lebih
kecil dari 0,05. Tidak terdapat pengaruh yang pengaruh positif dan signifikan antara
variabel Destination Personality (Z) yang Memoderasi hubungan antara
Destination Image (X) terhadap Minat Merekomendasikan (Y) dengan nilai tstatistics sebesar 0,885 lebih kecil dari 1,96 dengan nilai p value yang bernilai
sebesar 0,377 lebih besar dari 0,05, serta nilai original sample sebesar 0,037
Actions (login required)
|
View Item |