Pengaruh Destination Image Terhadap Recommend To Intention Daya Tarik Wisata Pantai Sasak dengan Destination Personality sebagai Variabel Moderas

Wulandari, Suci (2024) Pengaruh Destination Image Terhadap Recommend To Intention Daya Tarik Wisata Pantai Sasak dengan Destination Personality sebagai Variabel Moderas. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
B.1_04_SUCI_WULANDARI_9135275_1034_2024.pdf

Download (719kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Destination Image terhadap Recommend to intention daya tarik wisata Pantai Sasak dengan Destination personality sebagai variabel moderasi. Pada saat ini di Kabupaten Pasaman Barat banyak yang datang mengunjungi wisata Pantai Sasak. Citra destinasi sangat berpengaruh terhadap minat pengunjung untuk merekomendasikan kepada pengunjung lain. Untuk mendukung citra destinasi pada suatu objek wisata karakteristik pada suatu objek wisata juga berpengaruh, maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh Destination Image terhadap Recommend to intention daya tarik wisata Pantai Sasak dengan Destination personality sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampelmenggunakan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 170 responden berdasarkan rumus hair. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket yang disusun menurut skala likert dan data dikumpulkan dengan menyebarkan angket yang telah disusun kemudian diberikan kepada responden yang telah diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya dengan bantuan alat hitung SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 26.00. Data yang telah terkumpul lalu dianalisis melalui Structural Equation Modeling dengan Partial Least Square (SEM-PLS) versi 3.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut: Destination Image (X) berada pada kategori cukup dengan presentase (3,33%). Minat Merekomendasikan (Y) berada pada kategori cukup dengan presentase (3,32%). Destination Personality (Z) berada pada kategori cukup dengan presentase (3,34%). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Destination image (X) terhadap variabel Minat Merekomendasikan (Y) dengan nilai t-statistic 6,378 lebih besar dari nilai t-table 1,96 dan nilai p-values 0,00 lebih kecil dari 0,05. Tidak terdapat pengaruh yang pengaruh positif dan signifikan antara variabel Destination Personality (Z) yang Memoderasi hubungan antara Destination Image (X) terhadap Minat Merekomendasikan (Y) dengan nilai tstatistics sebesar 0,885 lebih kecil dari 1,96 dengan nilai p value yang bernilai sebesar 0,377 lebih besar dari 0,05, serta nilai original sample sebesar 0,037

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFerdian, FeriUNSPECIFIED
CorrectorWulandari, NidiaUNSPECIFIED
CorrectorLisna, Yuke PermataUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Destination Image, Minat Merekomendasikan, Destination Personality
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 27 May 2024 01:33
Last Modified: 27 May 2024 01:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52181

Actions (login required)

View Item View Item