Efenda, Sharah
(2024)
Analisis Faktor Motivasi Wisatawan Generasi Z
Berkunjung ke Daya Tarik Wisata Danau Tarusan
Kamang Kabupaten Agam.
Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya keluhan dari wisatawan serta
pengamatan peneliti yang berkaitan dengan motivasi wisatawan. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis faktor motivasi wisatawan generasi Z berkunjung ke
daya tarik wisata Danau Tarusan Kamang Kabupaten Agam yang dilihat dari
beberapa faktor.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei.
Populasi penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke daya tarik wisata
Danau Tarusan Kamang Kabupaten Agam sebanyak 609 orang. Metode yang
digunakan dalam pengambilan sampel yaitu non probability sampling dengan
teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian yaitu wisatawan yang sedang
atau pernah berkunjung dan lahir antara tahun 1995-2010 berjumlah 250 orang.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dengan skala likert
yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian analisis menggunakan
tabulasi data, deskripsi data dan analisis faktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 faktor baru dari hasil
reduksi 24 indikator. Faktor pertama yaitu relaxation dengan nilai eigenvalue
13,695. Faktor kedua yaitu amenities dengan dengan nilai eigenvalue 2,336.
Faktor ketiga yaitu location dengan nilai eigenvalue 1,428. Faktor keempat yaitu
educational opportunity dengan nilai eigenvalue 1,141.
Actions (login required)
|
View Item |