Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Komik Siswa Kelas VIII.5 MTsN 3 Padang

Suriyani, Sri (2023) Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Komik Siswa Kelas VIII.5 MTsN 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_SRI_SURIYANI_19020019_3935_2023.pdf

Download (938kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi menggambar komik dengan menggunakan media pembelajaran powtoon pada siswa kelas VIII.5 MTsN 3 Padang. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap satu siklus dua kali pertemuan. Metode dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan uji-t menggunakan SPSS versi 26. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran powtoon dapat meningkatkan hasil belajar seni rupa materi menggambar komik siswa kelas VIII.5 MTsN 3 Padang. Pada pra siklus rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 68,28, pada saat dilakukannya siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 73,28 dan kemudian dilanjutkan dengan melakukan siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 86,21. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media pembelajaran powtoon dapat meningkatkan hasil belajar menggambar komik siswa kelas VIII.5 MTsN 3 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHafiz, AbdUNSPECIFIED
CorrectorAwrus, SuibUNSPECIFIED
CorrectorKhairi, Asra IlalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 22 May 2024 04:49
Last Modified: 22 May 2024 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52165

Actions (login required)

View Item View Item