Zahra, Ismi Rahmita
(2024)
Komparasi Model Pembelajaran PBL dengan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI di SMAN
1 2x11 Enam Lingkung.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Salah satu cara menanggulangi hasil belajar fisika yang rendah adalah
guru bisa memakai model ajar yang relevan antara lain terhadap karakteristik dari
peserta didik, sarana yang tersedia dan juga dengan karakteristik materi pelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika antara
peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning
dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas XI SMAN 1 2x11
Enam Lingkung.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu dengan desain
penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung yang terdaftar
Tahun Ajaran 2023/2024. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive
sampling. Data penelitian meliputi hasil belajar fisika peserta didik pada aspek
kognitif. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen tes dengan bentuk pilihan
ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas
dan uji hipotesis pada taraf signifikan (α) = 0,05.
Berdasarkan uji hipotesis dilakukan terhadap nilai posttest peserta didik
didapatkan hasil t
hitung
= 1,792 > t
tabel
= 1,667 sehingga H
0
ditolak dan H
diterima.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem
based learning dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD pada materi kesetimbangan dinamika rotasi dan benda tegar
serta elastisitas dan hukum hooke. Rata-rata hasil belajar peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) lebih tinggi
dibandingkan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe STAD
Actions (login required)
|
View Item |