Kebutuhan Informasi Pemustaka terhadap Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto

Dj, Ady Thio. (2023) Kebutuhan Informasi Pemustaka terhadap Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_ADY_THIO_DJ_19234027_6996_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsiskan bagaimana (1) Kebutuhan informasi pemustaka, (2) Pemanfaatan koleksi perpustakaan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto dan (3) Hubungan kebutuhan informasi pemustaka terhadap pemanfaatan koleksi Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto. Pengukuran kebutuhan informasi dilihat melalui lima indikator yaitu, kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integrasi personal, kebutuhan integrasi sosial dan kebutuhan berkhayal. Pengukuran pemanfaatan koleksi dilihat melalui lima aspek yaitu motif, minat, kelengkapan koleksi, keterampilan pustakawan, fasilitas akses temu kembali informasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto, dengan teknik random sampling. Instrumen utama yang digunakan yaitu kuesioner penelitian yang sudah diuji validitas dan reliabelitasnya dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian yaitu: (1) Variabel kebutuhan informasi pemustaka memiliki skor rata-rata total yaitu sebesar 3,23. Hal ini menandakan skor tersebut berada pada skala interval 2,51-3,25 yang berarti tergolong baik. (2) Variabel koleksi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto memiliki skor rata-rata total yaitu sebesar 3,46. Hal ini menandakan skor tersebut berada pada skala interval 3,26-4,00 yang berarti tergolong dalam kategori sangat baik. (3) Hubungan kebutuhan informasi pemustaka terhadap pemanfaatan koleksi perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto pada uji hipotesis didapati hasil 0,398 yang berarti kebutuhan informasi memiliki hubungan yang signifikan dengan pemanfaatan koleksi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto, serta pada tabel model summary didapat R = 0,398. Kemudian R2 = 0,158. Jika diubah dalam bentuk persen adalah 15,8%, hal ini menunjukkan bahwa pengaruh kebutuhan informasi terhadap koleksi sebesar 15,8 % dan sisanya 84,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Secara keseluruhan hasil analisis penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan pada kebutuhan informasi pemustaka terhadap pemanfaatan koleksi perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 22 May 2024 03:16
Last Modified: 22 May 2024 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52158

Actions (login required)

View Item View Item