Winazora, Andira Nova
(2024)
Pengaruh Kualitas Pelayanan Kualitas Produk
dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Marawa Beach Club.
Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.
Abstract
Kualitas pelayanan kualitas produk dan Harga merupakan elemen penting
yang harus diperhatikan untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan
Pelanggan, Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan, dan
Pengaruh Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di Marawa Beach Club. Populasi
penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang berkunjung ke Marawa Beach Club.
Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner
kepada tamu yang berknjung ke Marawa Beach dengan jumlah sampel sebanyak
278 orang yang diambil dengan metode non-probality sampling dengan
menggunakan teknik analisis data dengan Structural Equation Model dengan alat
software Smart PLS 4.0.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Perkembangan Pariwisata, khususnya
di Provinsi Sumatera Barat, menjadi salah satu sektor yang berkembang pesat,
terutama dalam industri jasa boga. Kota Padang, sebagai ibu kota provinsi,
mengalami peningkatan jumlah restoran, seperti Marawa Beach Club, yang
merupakan salah satu destinasi baru di kawasan pantai Air Manis. Marawa Beach
Club didirikan oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, bekerja sama dengan
pengusaha lokal Ricky Donals, dengan tujuan mengembangkan industri wisata di
kota Padang. Namun, dalam menghadapi persaingan di industri pariwisata,
terutama di sektor jasa boga, perusahaan mesti memberikan perhatian terhadap
kualitas pemberian layanan, produk, dan harga supaya bisa mempertahankan dan
menunjang rasa kepuasan dari pelanggan. Kepuasan pelanggan diukur oleh sejauh
mana pelayanan, harga, dan produk memenuhi atau melebihi harapan konsumen.
v
v
Kualitas pelayanan, harga, dan produk di Marawa Beach Club menjadi fokus
utama dalam penelitian ini. Beberapa ulasan tamu melalui google review banyak
sekali terdapat masalah harga, kebersihan,masalah pelayanan dan lain sebagainya.
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan yakni melakukan analisis pada kualitas
pelayanan dan harga pada Marawa Beach Club. Penelitian ini dilaksanakan
memakai metode kuantitatif, melalui desain yang dipakai dalam pelitian ini yakni
asosiatif kausal atau hubungan sebab akibat. Data yang didapatkan pada kegiatan
survey dimana dengan membagikan angket kepada responden yang sebagai obyek
dari penelitian. Nilai rata-rata untuk variabel Kualitas Pelayanan 3,788 dalam
kriteria cukup. Yang berarti bahwa merek Marawa Beach Club melekat di ingatan
konsumen.
Variabel Harga diraih rata-rata pada angka 3,27 dalam kriteria Cukup. Yang
berarti bahwa harga yang ditawarkan Marawa Beach Club masih kurang sesuai
untuk pelanggan datang kembali Selanjutnya variabel Kualitas Produk diraih ratarata pada angka 3,40 dalam kriteria Baik. Dengan demikian diraih kesimpulan
yakni terdapat pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan dari Kualitas
Pelayanan melalui Kepuasan pelanggan . Terdapat pengaruh juga antara Harga
dengan Kepuasan Pelanggan Marawa Beach Club. Variabel Kualitas Pelayanan
dan Harga menyumbangkan pengaruh pada variabel keputusan pembelian, maka
H1, H2 dan H3 diterima
Actions (login required)
|
View Item |