Pengembangan E-book Fisika Berbasis Problem Based Learning Berorientasi Higher Order Thinking Skills untuk SMA/MA Kelas X

Agustin, Silvia (2024) Pengembangan E-book Fisika Berbasis Problem Based Learning Berorientasi Higher Order Thinking Skills untuk SMA/MA Kelas X. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_SILVIA_AGUSTIN_20175015_981_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran disekolah belum sesuai harapan dengan tuntutan abad 21 dan paradigma pembelajaran abad 21. Hal ini tercermin dari rendahnya capaian pembelajaran yang mengukur tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Salah satu penyebab yaitu kurangnya stimulasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan menggunakan bahan ajar dan model pembelajaran yang mendukung. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk menghadapi masalah ini adalah dengan memberikan bahan ajar yang tepat untuk menumbukan kemampuan berpikir tingkat tinggi perserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-book Fisika berbasis problem based learning berorientasi higher order thinking skills untuk SMA/MA Kelas X yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Model ini terdiri dari preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen penelitian meliputi angket studi pendahuluan, angket validitas, angket praktikalitas, lembar observasi sikap, tes (soal uraian) dan lembar percobaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, teknik analisis validitas, teknik analisis praktikalitas, dan teknik analisis efektivitas produk. Hasil preliminary research menunjukkan perlunya pengembangan e-book. Hasil development menunjukkan tingkat kevalidan dari e-book sebesar 0,87 dengan kategori valid, kepratisan menurut guru sebesar 92% dengan kategori sangat tinggi, dan peserta didik sebesar 81% dengan kategori sangat tinggi. Hasil assessment phase menunjukkan nilai paired sample t-test pada kompetensi pengetahuan menunjukkan bahwa produk berpengaruh secara signifikan terhadap perbedaan nilai pretest dan posttest. Pada kompetensi sikap diperoleh nilai dengan kategoi sangat baik. Pada kompetensi keterampilan diperoleh nilai dengan kategoi sangat tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa e-book Fisika berbasis problem based learning berorientasi higher order thinking skills untuk SMA/MA Kelas X adalah valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRazi, PakhrurUNSPECIFIED
CorrectorFestiyed, FestiyetUNSPECIFIED
CorrectorYohandri, YohandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-BOOK, PROBLEM BASED LEARNING, HIGHER ORDER THINGKING SKILLS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 May 2024 01:51
Last Modified: 22 May 2024 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52138

Actions (login required)

View Item View Item