Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Dinamika Gerak Partikel untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XI

Azriyanti, Riza (2024) Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Dinamika Gerak Partikel untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XI. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_RIZA_AZRIYANTI_22175023_1701_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abad ke-21 disebut sebagai era globalisasi yang ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat Salah satu keterampilan abad 21 harus dikuasai siswa yaitu keterampilan berpikir kritis. Kenyataannya yang terjadi di sekolah keterampilan berpikir kritis siswa berada pada kategori cukup dan indikator analisis dan inferensi masih rendah. Pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah masih berpusat pada guru dan belum mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam mengambangkan bahan ajar yang secara khusus melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan e-modul fisika berbasis problem based learning pada materi dinamika gerak partikel untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan e-modul berbasis problem based learning pada materi dinamika gerak partikel untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas XI yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari beberapa tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap analisis untuk mendapatkan informasi mengenai keadaan dilapangan. Iintrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara guru, angket guru dan siswa, serta soal tes keterampilan berpikir kritis siswa. Tahap desain bertujuan untuk merancang e-modul fisika berbasis problem based learning. Data yang diperoleh dari tahap desain yaitu saran pembimbing selama mendesain produk.Tahap pengembangan dilakukan validasi oleh para ahli. Instrumen yang digunakan yaitu angket validitas dan analisis data menggunakan rumus Aiken‘V . Tahap implementasi dilakukan uji praktikalitas dan efektifitas dengan menggunakan instrumen berupa angket praktikalitas dan soal tes keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis data praktikalitas dilakukan dengan melihat skor yang diperoleh dibandingkan dengan skor maksimum, sedangkan untuk penilaian hasil tes keterampilan berpikir kritis dilakukan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang diolah dengan menggunakan SPSS. Tahap evaluasi dilakukan setiap tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, dan implementasi. Hasil dalam penelitian ini yaitu hasil validitas, hasil praktikalitas, dan hasil efektivitas e-modul fisika. Tingkat validitas e-modul fisika berbasis problem based learning dinyatakan dalam kategori valid pada aspek substansi materi, desain pembelajaran, tampilan, dan pemanfaatan softaware. Tingkat praktikalitas e-modul fisika berbasis problem based learning oleh guru dan siswa dinyatakan dalam kategori praktis pada aspek kemudahan penggunaan, efisiensi waktu. Hasil tes keterampilan berpikir kritis memperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) < 0,05. Hasil tersebut menginformasikan bahwa e-modul fisika berbasis problem based learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Disimpulkan bahwa e-modul fisika berbasis problem based learning pada materi dinamika gerak partikel bersifat valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas XI.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafriani, SyafrianiUNSPECIFIED
CorrectorYulkifli, YulkifliUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL FISIKA, PROBLEM BASED LEARNING, DINAMIKA GERAK PARTIKEL, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 May 2024 01:51
Last Modified: 22 May 2024 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52135

Actions (login required)

View Item View Item