Strategi Reading time dalam Meningkatkan Minat Baca di Perpustakaan SMA Al Istiqamah Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat

Hayati, Ieka Ratna (2024) Strategi Reading time dalam Meningkatkan Minat Baca di Perpustakaan SMA Al Istiqamah Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_IEKA_RATNA_HAYATI_18234006_2792_2024.pdf

Download (559kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi reading time dalam meningkatkan minat baca siswa di perpustakaan SMA Al Istiqamah Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ada 12 orang yang terdiri dari kepala sekolah, pustakawan, guru, dan siswa SMA Al Istiqamah Simpang Empat Pasaman Barat Kabupaten Pasaman Barat. Hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama, Setelah diamati terhadap strategi reading time di SMA Al Istiqamah Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat terlihat masih belum berjalan dengan semestinya. Hal ini terlihat dari tiga tahapan strategi reading time (pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran) masih jarang dilakukan. Strategi reading time sangat mungkin diterapkan di SMA Al Istiqamah Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat, dimana salah satu faktor utama pendukung terlaksananya strategi reading time dimiliki oleh perpustakaan SMA Al Istiqamah Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat yaitu tersediannya koleksi yang banyak dan juga mutakhir. Kedua, Masih rendahnya minat baca siswa di SMA Al Istiqamah Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat dikarenakan belum adanya suatu strategi yang dapat meningkatkan minat baca siswa ini yang diterapkan secara terstruktur dan sistematis serta dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan kontinu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorIsmail, MuhammadUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 May 2024 07:17
Last Modified: 21 May 2024 07:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52123

Actions (login required)

View Item View Item