Penerapan Metode Self Organizing Maps (SOM) dalam Analisis Klaster Berdasarkan Capaian Sustainable Development Goals (SDGs) Provinsi Sumatera Barat

Ivansyah, Al Rezki (2023) Penerapan Metode Self Organizing Maps (SOM) dalam Analisis Klaster Berdasarkan Capaian Sustainable Development Goals (SDGs) Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_AL_Rezki_Ivansyah_19337020_2490_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemerintah Indonesia saat ini berkomitmen dengan pelaksanaan agenda Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia, salah satunya yaitu Pemerintah Sumatera Barat. Pemerintah Sumatera Barat mendukung apa yang menjadi tujuan dan target dalam pencapaian SDGs ini dengan megoptimalisasikan implementasi indikator SDGs dalam Rencana Aksi Daerah (RAD)-SDGs Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022-2026. Namun, dalam pelaksanaannya RAD-SDGs Provinsi Sumatera Barat ini perlu adanya monitoring dan evaluasi seiap tahunnya. Oleh karena itu perlu dilakukannya metode klaster sebagai salah satu pertimbangan untuk evaluasi pelaksanaan RAD-SDGs Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022-2026. Metode klaster yang digunakan dalam penelitian ini adalah Self Organizing Map (SOM). Metode SOM merpakan perangkat yang efektif untuk menvisualsisasi data berdimensi tinggi dan bisa digunakan untuk memetakan data yang berdimensi tinggi menjadi satu, dua, atau tiga dimensi yang merupakan unit atau syaraf yang terhubung. Data yang digunakan adalah 14 variabel indikator SDGs pada 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat tahun 2022 yang berasal dari situs dan publikasi resmi dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat. Berdasarkan hasil analisis terbentuk 3 klaster dengan karakteristik yang berbeda-beda. Klaster 1 beranggotakan 17 Kabupaten/Kota yang memiliki kondisi capaian SDGs di Provinsi Sumatera Barat yang paling tinggi. Klaster 2 beranggotakan 1 Kabupaten/Kota yang memiliki kondisi capaian SDGs di Provinsi Sumatera Barat yang tinggi pada beberapa indikator. Klaster 3 beranggotakan 1 Kabupaten/Kota yang memiliki kondisi capaian SDGs di Provinsi Sumatera Barat yang paling rendah. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sebagai referensi dalam memutuskan kebijakan dan strategi yang baik untuk pembagunan dan meningkatkan kinerja penerapan program SDGs di Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitri, FadhilahUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, YenniUNSPECIFIED
CorrectorMukhti, Tessy OctaviaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 May 2024 02:50
Last Modified: 21 May 2024 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52100

Actions (login required)

View Item View Item