Wandari, Setia
(2023)
Pengaruh Metode Latihan Drill Setting Terhadap
Kemampuan Passing Atas Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMA
Negeri 9 Bengkulu Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan passing atas
peserta ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan. Salah satu
faktor penyebabnya adalah belum optimalnya metode latihan di terapkan dalam
melatih kemampuan passing atas. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh metode latihan drill setting terhadap kemampuan passing
atas peserta ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen semu
dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan
yang berjumlah 31 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta putri
ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan yang berjumlah 14
orang, yang direkrut dengan teknik purvosive sampling. Instrument yang
digunakan untuk megukur kemampuan passing atas adalah AAHPER face wall-volley test. Data dianalisis menggunakan uji-t, yaitu paired samples t-test pada
taraf signifikan α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hasil yang signifikan metode
latihan drill setting terhadap kemampuan passing atas peserta ekstrakurikuler
bolavoli SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan, dengan nilai thitung = 2,123 > ttabel =
1,771. Hal ini juga terlihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest kemampuan
passing atas, dimana nilai posttest = 37,43 > pretest = 30,21, dan selisih rata-rata
keduanya adalah 7,22. Berdasarkan hasil data dapat disimpulkan bahwa metode
latihan drill setting dapat dijadikan sebagai program latihan untuk meningkatkan
kemampuan passing atas peserta ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 9
Bengkulu Selatan.
Actions (login required)
|
View Item |