Pengaruh Kecepatan dan Keseimbangan serta Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Tendangan depan Atlet Perguruan Pencak Silat Patbanbu pada Masa New Normal

Rikardi, Riko (2024) Pengaruh Kecepatan dan Keseimbangan serta Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Tendangan depan Atlet Perguruan Pencak Silat Patbanbu pada Masa New Normal. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_RIKO_RIKARDI_19199049_1626_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecepatan dan keseimbangan secara langsung terhadap tendangan depan. Serta mengetahui pengaruh kecepatan dan keseimbangan terhadap tedangan depan melalui daya ledak otot tungkai. Penelitian ini menggunakan desain Analisis Jalur atau Path Analisys. Populasinya adalah atlet putra perguruan Pencak Silat Patbanbu Kota Pekanbaru dengan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian dari pengujian analisis regresi struktur 1 dan struktur 2 menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung kecepatan terhadap daya ledak otot tungkai sebesar 26,4%. Ada pengaruh langsung keseimbangan terhadap daya ledak otot tungkai sebesar 23%. Ada pengaruh langsung kecepatan terhadap kemampuan tendangan depan 23,4%. Ada pengaruh langsung keseimbangan terhadap kemampuan tendangan depan sebesar 1,4%. Ada pengaruh langsung daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan tendangan depan sebesar 72,4%. Dilihat dari nilai α 0,05 maka pengaruh langsung kecepatan dan keseimbangan terhadap variabel daya ledak otot tungkai semua signifikan karena nilai P < 0,05. Demikian juga dengan variabel kecepatan, keseimbangan dan daya ledak terhadap kemampuan tendangan depan juga signifikan karena nilai P < 0,05. Selanjutnya pengaruh variabel kecepatan terhadap kemampuan tendangan depan melalui daya ledak sebesar 12,6%. Sedangkan pengaruh keseimbangan terhadap kemampuan tendangan depan melalui daya ledak sebesar 18,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik kecepatan, keseimbangan serta daya ledak otot tungkai maka akan semakin baik pula kemampuan tendangan depan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWelis, WildaUNSPECIFIED
CorrectorDamrah, DamrahUNSPECIFIED
CorrectorIhsan, NurulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, KEMAMPUAN TENDANGAN DEPAN
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 May 2024 07:13
Last Modified: 20 May 2024 07:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52072

Actions (login required)

View Item View Item