Pemanfaatan Informasi pada Aplikasi TikTok Shop dalam Jual Beli Online oleh Mahasiswa Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang

Yurizal, Sherly (2023) Pemanfaatan Informasi pada Aplikasi TikTok Shop dalam Jual Beli Online oleh Mahasiswa Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_SHERLY_YURIZAL_19234056_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan informasi pada aplikasi TikTok Shop sebagai sarana jual beli online di kalangan mahasiswa Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun populasi dari penelitian ini adalah 655 mahasiswa aktif dengan sampel 87 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan karakteristik tertentu. Instrumen utama penelitian ini adalah kuesioner. Uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner melalui tahap pemeriksaan (editing), tabulasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan informasi pada aplikasi TikTok Shop dalam jual beli online oleh mahasiswa Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang dikatakan baik berdasarkan. Pertama, pemanfaatan informasi produk memperoleh skor rata-rata yaitu 3,07 dalam kategori baik, pemanfaatan informasi harga memperoleh skor rata-rata yaitu 2,99 dalam kategori baik, pemanfaatan informasi transaksi memperoleh skor rata-rata yaitu 3,18 dalam kategori baik dan pengalaman pengguna memperoleh skor rata-rata yaitu 3,03 dalam kategori baik. Kedua, pemanfaatan informasi aplikasi TikTok Shop dalam jual beli online oleh mahasiswa Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang lebih banyak digunakan untuk pembelian daripada penjualan produk. Ketiga, terdapat beberapa pernyataan dengan nilai rata-rata rendah yaitu pada indikator pemanfaatan informasi produk pada pernyataan mengenai sampai kapan produk layak dikonsumsi atau digunakan dan indikator pernyataan pemanfaatan informasi harga pada pernyataan mengenai diskon harga di TikTok Shop lebih besar dibandingkan dengan aplikasi lain serta pernyataan mengenai TikTok Shop memberikan cash back jika produk tidak sesuai dengan keinginan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorNabila, JeihanUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 20 May 2024 04:23
Last Modified: 20 May 2024 04:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52058

Actions (login required)

View Item View Item