Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning dengan Self Confidence terhadap Hasil Belajar Atletik Lari Jarak Pendek pada Siswa

Safitri, Rahmita (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning dengan Self Confidence terhadap Hasil Belajar Atletik Lari Jarak Pendek pada Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_RAHMITA_SAFITRI_21199049_1459_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian adalah kurangnya hasil belajar atletik lari jarak pendek siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar atletik lari jarak pendek; (2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar atletik lari jarak pendek; (3) perbandingan hasil belajar atletik lari jarak pendek siswa yang dengan self confidence tinggi pada model Project Based Learning dan Problem Based Learning; serta (4) perbandingan hasil belajar atletik lari jarak pendek siswa dengan self confidence rendah pada model Project Based Learning dan Problem Based Learning. Metode penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen faktorial. Sampel penelitian yang ditetapkan adalah 40 orang siswa kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian adalah instrumen angket, sedangkan instrumen penilaian hasil belajar digunakan instrumen yang biasa digunakan guru dalam menilai hasil belajar atletik jarak pendek. Data penelitian ini dianalisis dengan uji beda one-way Anova dan uji Tukey. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar atletik lari jarak pendek; (2) ada interaksi antara model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar atletik lari jarak pendek; (3) terdapat perbedaan signifikan hasil belajar atletik lari jarak pendek siswa dengan self confidence tinggi pada model Project Based Learning dan Problem Based Learning; serta (4) tidak terdapat perbedaan signifikan hasil belajar atletik lari jarak pendek siswa dengan self confidence rendah pada model Project Based Learning dan Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlnedral, AlnedralUNSPECIFIED
CorrectorGusril, GusrilUNSPECIFIED
CorrectorWahyuri, Asep SujanaUNSPECIFIED
Additional Information: PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING, PROBLEM BASED LEARNING, SELF CONFIDENCE, DAN HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 May 2024 04:22
Last Modified: 20 May 2024 04:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52054

Actions (login required)

View Item View Item